Dr. Reiner Knizia: Konten Lokal Penting Untuk Masuk Ke Pasar Lokal [Bagian 2]

Dr. Reiner Knizia: Konten Lokal Penting Untuk Masuk Ke Pasar Lokal [Bagian 2]

Sebuah kehormatan Boardgame.id bisa bertemu dengan Dr. Reiner Knizia, seorang game designer kondang asal Jerman yang telah merancang lebih dari 600 judul board game. Kami mengundang beliau untuk datang ke booth Archipelageek saat Indonesia berpartisipasi di pameran Essen SPIEL 2019 yang berlangsung akhir Oktober lalu.

Pertemuan tersebut kami balut dalam sebuah sesi wawancara eksklusif. Dalam wawancara tersebut kami membahas banyak hal. Pada bagian pertama yang sudah kami rilis sebelumnya, Dr. Reiner Knizia menceritakan awal mula ketertarikannya dengan game hingga mulai mencoba membuatnya sendiri saat berumur 8 tahun. Beliau juga berbagi pandangan bagaimana board game bisa menyatukan banyak orang.

Baca juga: Dr. Reiner Knizia: Board Game Dapat Membuat Orang Berkumpul [Bagian 1]

Di bagian kedua ini, kami lebih banyak membahas aspek desain yang perlu dipikirkan saat merancang board game, yaitu perlunya memikirkan untuk memasukkan unsur budaya atau konten lokal ke dalam rancangan jika ingin pasar lokal menyukainya.

Karena pada dasarnya dengan memasukkan konten lokal ke dalam game, orang-orang akan merasa familiar, merasa dekat dan yang penting tidak merasa asing. Beliau juga sedikit memberikan saran untuk bisa menjadi game designer yang baik maka harus banyak-banyak bermain agar bisa juga membandingkan kualitas antara game rancangan sendiri dengan yang sudah beredar di pasar.

Selengkapnya, mari kita tonton wawancara eksklusif bersama Dr. Reiner Knizia bagian kedua berikut ini:

Boaardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id saat kami berkunjung ke Essen SPIEL 2019. Ada video interview kami dengan penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like