Yuk! Belajar Rancang Board Game Bertema Sains, Matematika & Literasi di Kelas Game Design

Yuk! Belajar Rancang Board Game Bertema Sains, Matematika & Literasi di Kelas Game Design

Pernah nggak sih terpikir di benak guru atau orang tua, mengapa murid atau putra-putrinya lebih semangat bermain game ketimbang belajar? Kalau hal itu terjadi apa yang akan dilakukan? Melarang anak-anak bermain tentu bukan solusi.

Kalau sudah tahu anak tidak akan menolak untuk bermain game, kenapa orang tua ataupun guru tidak membuat game sendiri yang tentu edukatif. Merancang game terutama board game tidak diperlukan keahlian khusus kok, bahkan tidak perlu belajar bahasa programming.

Ingin menggali ilmu board game design lebih dalam agar makin matang saat merancang board game? Ikuti saja Kelas Game Design dari Ludenara dari tanggal 7-8 Desember 2019 di Bandung.

Poster Kelas Game Design

Dengan investasi sebesar Rp1.300.000, nantinya para peserta akan diberikan pembekalan serta kiat-kiat untuk merancang board game sendiri. Sudah termasuk juga prototype kit khusus, snack, lunch selama dua hari dan e-certificate.

Coba bayangkan saat guru masuk ke kelas atau ayah bunda baru pulang kerja, anak-anak ditanya “Ada yang mau belajar pakai game buatan pak guru/bu guru/ayah/bunda?”, sudah pasti kebayang dong sorak sorai mereka.

Pak Nunuk Riza Puji, guru SMA Negeri 1 Petungkriyono yang sukses membawa game ke ruang kelas juga merupakan alumni dari Kelas Game Design lho. Pak Nunuk ini kemudian juga mengajak guru-guru mata pelajaran lain untuk berkolaborasi membuat board game tentang konservasi Owa Jawa.

Baca juga: Guru SMAN 1 Petungkriyono: Mengajar Generasi Gamer ya Harus Pakai Game Dong [Wawancara]

Harga Kelas Game Design

Kelas Game Design telah berhasil melahirkan dua board game favorit yang punya banyak poin pembelajaran. Pertama ada Rantai Makanan yang pastinya memberikan poin pelajaran sesuai judulnya. Kemudian Piring Kosong yang mengangkat tema bilangan pecahan dalam matematika.

Baca juga: Subyek Pelajaran yang Rumit pun Bisa Disederhanakan Jadi Board Game di Kelas Game Design

Kelas Game Design di PlaySpace by Boardgame.id, Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Daftarkan dirimu sekarang juga melalui tautan berikut: http://bit.ly/gamedesign_ludenara

Kegiatan ini diadakan oleh Ludere Nusantara (Ludenara), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi mengedukasi publik terkait berbagai potensi game untuk berbagai bentuk perubahan positif.

Untuk mewujudkan tujuan di atas Ludenara fokus pada berbagai program peningkatan kapasitas bagi orang tua, guru, aktivis pendidikan, komunitas, serta berbagai pihak yang tertarik untuk memanfaatkan game dalam proses pembelajaran serta terlibat aktif untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Informasi lebih rinci soal Ludenara dapat menghubungi Novie (+62 858-1448-8298) atau melalui Instagram @ludenara dan website www.ludenara.org.

You may also like