Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Ikan Nemo dan Terumbu Karang [Bagian 4]

Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Ikan Nemo dan Terumbu Karang [Bagian 4]

Board game Aquatico dirancang bersama dengan Coral Triangle Center sebagai pakar konservasi kelautan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem agar terhindar dari bahaya pencemaran. Selain itu, permainan yang bisa dimainkan untuk 2-5 pemain dari usia 7 tahun ini mengkaji dan memperkenalkan ekosistem perairan yang ada di Indonesia seperti: laut dan air tawar, serta satwa yang hidup di dalamnya.

Baca juga: Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Pesut Mahakam dan Sungai [Bagian 3]

Di Aquatico kamu bisa menemukan ikan badut. Ada yang tahu ikan badut? bagaimana dengan Nemo? Ya! Nemo dan ikan badut itu sejenis. Orang tua atau guru yang selesai memainkan Aquatico bersama putra putri ataupun siswa-siswinya bisa bercerita tentang ikan badut di Indonesia. Bisa ceritakan tentang satwa tersebut, bagaimana penampilannya, apa bedanya dengan ikan-ikan lainnya dan seterusnya.

Orang tua tak perlu khawatir mencari informasi seputar ikan badut karena di zaman sekarang sangat mudah didapat. Orang tua bahkan bisa bercerita sambil ‘googling’ bersama anak sambil memperlihatkan contoh gambarnya atau mungkin bisa langsung mencari videonya. Bisa juga dilanjut nonton Nemo bareng.

Belajar Tentang Ikan Badut dan Terumbu Karang

ikan nemo
Ikan badut terkenal karena film Nemo

Ikan yang dikenal juga dengan nama ikan giru merupakan ikan yang unik, pasalnya mereka semua terlahir dari telur sebagai jantan. Karena mereka hidup berkelompok. Dua ikan paling besar akan memiliki peran besar dalam kelompok. Ikan paling besar akan berubah menjadi betina yang akan menjadi induk lalu ikan terbesar kedua akan menjadi pejantan yang akan membuahi induk.

Apa yang terjadi jika ikan badut yang menjadi betina mati? Ikan terbesar kedua yang menjadi pejantan kini menjadi yang paling besar. Dengan begitu perannya pun akan berganti dan menjadi betina berikutnya. Unik ya! Rupanya ikan ini punya siklus hidup seperti itu.

Ikan badut biasa hidup di sekitar anemon laut dan memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang bertindak untuk mengusir predator dari anemon dan anemon memberi sumber makanan. Kebanyakan anemon laut berada di sekitar terumbu karang.

Bicara soal terumbu karang, Indonesia rupanya surganya terumbu karang. Luasnya mencapai 50.875 kilometer persegi. Artinya Indonesia menyumbang 18% luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle.

Wah menarik ya! Hanya dari bermain Aquatico bisa bertemu dengan Nemo serta menjelajah terumbu karang. Bagi pembaca yang ingin memiliki dan ingin segera mencoba bermain Aquatico, pesan saja secara online di Boardgame.id, hanya Rp240.000 saja.

Hubungi tim Boardgame.id melalui Whatsapp atau kunjungi halaman katalog di bawah ini untuk memesannya lewat Tokopedia ataupun Shopee. Tersedia juga board game Indonesia seru lainnya, yuk langsung kunjungi halaman katalog berikut:

You may also like