Happy Math! Cara Seru Ajarkan Warna, Bentuk & Angka Dari Usia 3 Tahun

Happy Math! Cara Seru Ajarkan Warna, Bentuk & Angka Dari Usia 3 Tahun

Banyak cara yang telah dilakukan orang tua untuk mengajari putra-putri mereka yang masih balita tentang warna dan bentuk dengan berbagai media. Di era modern seperti sekarang ini, sangat mudah mengakses media digital seperti video atau gambar lewat internet. Akan tetapi pemanfaatan media digital dan internet sejak usia dini kurang dianjurkan karena bisa menyebabkan ketergantungan gadget.

Tapi tenang, orang tua jangan kabur dulu! Baru-baru ini ada permainan konvensional, sebuah board game yang cara memainkannya offline tanpa harus menggunakan gadget. Nggak kalah seru dengan gadget, board game berikut ini bisa juga menjadi media seru untuk membantu guru ataupun orang tua untuk mengajarkan tentang warna dan bentuk mulai dari usia 3 tahun ke atas. Ini dia, Happy Math!

Happy Math adalah media belajar matematika buatan Yudea Sabdo Anggoro, S.Psi yang dibalut dengan paket permainan. Selain membantu anak belajar di Sekolah dan di rumah, Happy Math juga membantu anak dalam proses perkembangan sosialnya, meningkatkan hubungan positif antara anak dengan guru dan antara anak dengan orang tua. Anak usia playgroup (tiga tahun) sudah dapat bermain dengan Happy Math, cukup pada pengenalan warna atau bentuk saja.

“Untuk anak-anak usia dini, Happy Math bisa dipakai untuk mengenal warna, bentuk, dan latihan mengelompokkan objek-objek,” terang Yudea.

Menariknya, permainan ini dapat dimainkan beramai-ramai dari 2-10 pemain. Pas nih buat yang di rumahnya banyak anak kicik. Durasi bermainnya pun termasuk singkat singkat, antara 10-20 menit saja per sesinya.

Di dalam boks terdapat 55 kartu bergambar dan 10 kartu operasi hitung. Pada kartu bergambar terangkum tiga materi pelajaran yaitu warna, bangun datar, dan lambang bilangan/angka. Pada kartu operasi hitung terdapat lambang operasi hitung seperti tanda tambah, kurang, kali, bagi dan tanda sama dengan.

“Bisa juga menjadi media yang dapat membantu anak dalam memahami konsep bilangan dan operasi hitung sederhana,” imbuhnya.

Menurut Yudea, beberapa manfaat yang didapat dari Happy Math, antara lain:

  1. Praktis dan mudah digunakan.
  2. Multi function yaitu dapat digunakan untuk belajar dan untuk bermain disertai dua buku panduan yang terpisah.
  3. Untuk guru, saat mengajar dapat digunakan untuk kelas privat atau belajar kelompok.
  4. Anak usia prasekolah (usia 3 tahun) sudah dapat menggunakan Happy Math untuk belajar ataupun untuk bermain.
  5. Ada lebih dari dua materi pelajaran dan empat jenis permainan yang dirangkum dalam satu box.

Happy Math diterbitkan oleh Student Game yang tidak lain merupakan besutan Yudea dan tim. Sebagai produk pertamanya, Student Game menaruh harapan besar pada guru dan orang tua untuk sama-sama meningkatkan pengetahuan anak melalui permainan.

“Fungsi lainnya bisa melatih fokus dan daya ingat anak. Membangun kebersamaan keluarga, teman-teman, dan antara guru dan siswa. Saat bicara guru, Happy Math bisa digunakan sebagai alat/media untuk membantu mengajar.” pungkasnya.

Untuk saat ini board game pertama dari Student Game bisa didapatkan melalui akun Instagram @student.game. Ada harga khusus selama masa promo tahun ajaran baru hingga tanggal 8 Agustus 2020 mendatang.

You may also like