Menang Lawan Pecatur Internasional, Akun Pecatur Indonesia Ini Malah di Ban?

Menang Lawan Pecatur Internasional, Akun Pecatur Indonesia Ini Malah di Ban?

Dunia catur baru saja digemparkan oleh berita bapak-bapak asal Indonesia dengan akun Dewa_Kipas yang berhasil mengalahkan GothamChess, master catur internasional, dalam situs Chess.com. Hanya saja tak lama setelah memenangkan pertandingan catur tersebut, akun milik Dadang Subur di ban di Chess.com.

Baca juga: Berkat Netflix Mini Seri The Queen’s Gambit, Penjualan Catur Melejit

1. Dicap curang

Diblokirnya akun Dewa_Kipas diketahui karena fans GothamChess tidak terima pujaannya kalah. Mereka pun secara masal melaporkan akun Dewa_Kipas melakukan kecurangan. Setelah kebanjiran laporan kecurangan tersebut akun Dewa_Kipas tidak lagi bisa diakses.

2. Disiarkan melalui online streaming

Merasa resah atas kejadian ini, Ali Akbar yang merupakan putra dari Dadang Subur membuat postingan di Facebook miliknya tentang perkara ini. Ali sangat yakin ayahnya tidak mungkin berbuat curang. Terlebih lagi pertandingan tersebut disiarkan live oleh GothamChess melalui Twich. Pertandingan berlangsung pada tanggal 2 Maret 2021 selama 10 menit (rapid game).

Viral, Bapak-bapak Kalahkan Gamer Catur Dunia GothamChess di Chess.com

3. Pecatur internasional

Lawan dari Dewa_Kipas adalah Levy Rozman sang pemilik akun GothamChess. Lahir di Brooklyn, New York, Levy mulai bermain catur pada saat berusia 6 tahun dan memasuki turnamen pertamanya pada usia 7 tahun. GothamChess baru meraih gelar Master National pada tahun 2011 melalui Federasi Catur AS, FIDE Master pada 2016, dan International Master pada 2018.

Pada situs Chess.com, GothamChess memiliki ELO 2.400. ELO merupakan semacam ranking yang artinya semakin tinggi ELO seseorang maka semakin jago pula Ia bermain. Selain sebagai pecatur Levy juga merupakan Youtuber yang kini memiliki 700.000 subscriber.

4. Mantan jawara catur

Ali menjelaskan bahwa ayahnya pernah mengikuti banyak turnamen catur dan pernah pula menjadi jawara 1 turnamen catur di kota Singkawang dengan menunjukkan sertifikat kejuaraan. Beliau sudah lama pensiun sebagai pecatur profesional dan kini beralih bermain catur secara online.

Dadang merasa belum kehilangan kemahirannya bermain catur. Ia pun jadi sering bermain catur lagi sejak diperkenalkan Ali tentang eksistensi situs Chess.com di mana pemain dari seluruh penjuru dunia dapat bermain catur secara online. Hanya dalam tiga minggu Dadang mencapai ELO 2.300

5. Ingin bertanding dengan pecatur pujaannya

Dadang memiliki alasan tersendiri kenapa gencar meningkatkan peringkat ELO-nya dan masih berusahan menembus 2.400. Salah satunya, karena Ia ingin bisa bertanding dengan Susanto Megaranto, pria kelahiran Indramayu, Jawa Barat yang berhasil meraih gelar Grandmaster di usianya ke-17 pada tahun 2004.

Alih-alih bertemu dengan Susanto Megaranto, Dadang malah bertemu dengan GothamChess dan dari sinilah pertandingan yang menyebabkan akun Dewa_Kipas kena blok di situs Chess.com. Ia memenangkan pertandingan itu dengan bidak warna hitam.

Baca juga: Bermanfaat, Inilah 4 Hal Baik yang Kamu Dapat dari Bermain Catur

Jangan lupa kunjungi juga Tokopedia atau Shopee Galeri Boardgame ID untuk mendapatkan puluhan board game karya anak bangsa yang tak kalah seru untuk dimainkan bersama keluarga di rumah.

You may also like