NBA Resmi Rilis Board Game, Main Basket Pakai AR! [Kickstarter Corner]

NBA Resmi Rilis Board Game, Main Basket Pakai AR! [Kickstarter Corner]

Selain sepak bola, olahraga yang banyak dikenal masyarakat adalah basket. Dilansir dari data survey situs Sportshow.net, basket menempati urutan ketiga di daftar olahraga paling populer dunia, dengan jumlah fans sekitar 2-3 milyar yang tersebar di Amerika Serikat, Kanada, Cina dan Filipina. Khususnya di Amerika Serikat, basket menjadi terkenal di kalangan remaja. Siapa yang tidak kenal Michael Jordan, LeBron James, dan Kobe Bryant? mereka bertiga adalah beberapa jebolan National Basketball Association (NBA) yang merupakan liga basket paling bergengsi di dunia.

Baca Juga: Olahraga Pakai Board Game? Yuk Ajak Keluarga Main ini!

Nah, buat kamu para board gamer yang juga penggemar basket, NBA rupanya telah meresmikan board game pertama mereka baru-baru ini lho. Ya, kamu nggak salah baca kok, board game yang diterbitkan oleh Sequoia Games, Inc. ini sudah mendapat lisensi resmi dari NBA, serta NBPA yaitu asosiasi untuk pemain basket profesional yang sedang aktif saat ini.

Flex NBA | Source: Kickstarter

Flex NBA, Bermain Basket dengan Dadu dan Token

Berjudul Flex NBA, kamu dan lawan bermainmu akan saling berhadapan untuk menjadi tim pertama yang mencetak poin terbanyak dalam permainan basket. Layaknya pertandingan sebenarnya, kamu sebagai pelatih bisa membentuk tim berisi para atlet basket favoritmu. Setiap token atlet mempunyai dua sampai tiga kemampuan spesial yang disebut Flexes.

Baca Juga: Dampak eSports Bagi Anak, Orang Tua dan Guru Perlu Pahami

Tak hanya itu, pemain juga mendapat keping lain bernama FX Tiles, yang mempunyai sejumlah pilihan skill tambahan. Diantaranya: pelatih yang merubah jalannya pertandingan, sepatu basket yang mempercepat gerakan atlet, dan minuman olahraga yang menambah stamina. Permainan dimulai dengan masing-masing pemain mendapat 5 token atlet dan 10 FX Tiles. Selanjutnya lempar dadu untuk menentukan satu dari enam pilihan aksi, yaitu:

  • Memakai kemampuan Flex standar
  • Memakai FX Tiles
  • Mengganti atlet
  • Membuka Flex satu tingkat lebih tinggi
  • Membuka Flex dua tingkat lebih tinggi
  • Meng-upgrade tile pemain.

Nah, tugas kamu selanjutnya adalah menentukan atlet mana yang ingin kamu gunakan. Strateginya adalah sebisa mungkin memilih kombinasi FX Tiles yang sesuai Flexes milik atlet, dan kesempatanmu untuk memenangkan pertandingan akan lebih besar.

Board Game Yang Pakai Teknologi AR

Tak hanya menarik dari segi gameplay, board game ini juga impresif dari segi fiturnya yang menyertakan teknologi augmented reality (AR). Bisa diakses lewat aplikasi pendamping bernama The Flex Companion, pemain bisa melihat versi digital dari para pebasket yang tergambar di token. Caranya cukup mengarahkan smartphone di atas papan permainan, dan para atlet di token langsung bisa kamu lihat secara tiga dimensi. Keren ya!

Untuk komponen lainnya, Flex NBA hadir dengan desain ilustrasi yang artistik. Semuanya karya buatan tiga sport artist yaitu Andrew Pietersz, Kevin Deng, dan Mickey Ardell. Hingga artikel ini diterbitkan, board game ini masih menggalang dukungan dana di Kickstarter mereka. Berakhir pada 16 Juni nanti, saat ini Sequoia Games, Inc. selaku publisher sudah berhasil mengumpulkan $73.000 atau 1 milyar rupiah dari 294 pendukung. Tertarik membawa pulang game ini? Kamu bisa kunjungi tautan Kickstarter mereka di sini ya.

You may also like