Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #2: Koleksi Board Game

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #2: Koleksi Board Game

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes

Tips #02: Koleksi Board Game

Tentu yang membedakan cafe biasa dengan board game cafe adalah isinya. Di dalam board game cafe pasti terdapat banyak board game yang bisa dimainkan ditempat. Beberapa juga menyediakan board game yang bisa dibeli oleh pelanggan yang datang. Lalu untuk awalnya, berapakah jumlah board game yang harus dimiliki oleh sebuah board game cafe?

Baca juga: Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #1: Lokasi

Jawaban yang tepat sebenarnya bukan jumlah, sekalipun cafe yang akan kamu kelola punya lahan yang cukup luas untuk menampung ribuan board game. Namun, yang musti diperhatikan adalah setidaknya kamu harus punya berbagai macam jenis atau tipe permainan untuk mengisi koleksi board game di cafemu, seperti Strategy Game, Light Strategy Game, Family Game, Children Game, Trivia Game, Puzzle/Word Game dan bahkan Classic Game termasuk di dalamnya Monopoly dan ular tangga (ini justru wajib ada!).

Jangan campur aduk referensi board game mana yang kamu suka dengan yang pelanggan suka, karena yang akan bermain board game di cafemu tentunya ya si pelanggan itu sendiri. Lagipula, setelah mereka cukup puas dengan bermain Monopoly, kamu bisa merekomendasikan mereka untuk datang kembali dan mencoba judul-judul permainan lain yang lebih seru.

Untuk awal, yang penting bukan jumlah banyak, tapi jenis atau tipe permainannya yang beragam

Memajang banyak koleksi mungkin akan membuat pelangganmu terkagum-kagum, tapi tujuan utama dari hadirnya board game cafe adalah agar pelanggan bisa menyantap hidangan cafemu, lalu bersantai karena kamu menyediakan games di cafemu. Terlalu banyak menu permainan juga bisa membuat mereka yang baru saja kenal dengan board game malah menjadi pusing. Ada baiknya rak board game yang ada di cafe diberi label petunjuk, mana yang cocok dimainkan pertama kali oleh pelanggan yang baru saja kenal board game (gateway games). Jika mereka tetap bingung, harusnya karyawanmu bisa ditunjuk untuk membantu pelanggan memilih permainannya. Topik tentang karyawan akan dibahas minggu depan.

Jangan lupa, kamu juga harus mencatat board game apa saja yang kamu punya. Dari waktu ke waktu koleksi board game di cafemu pasti akan makin bertambah. Semakin banyak tentu akan semakin sulit dihafal. Pemeliharaan tentu juga tak kalah penting untuk dipikirkan, board game mana yang komponennya yang hilang atau rusak jadi bukan hanya stok sisa bahan makanan saja yang harus kamu catat. Penting juga untuk rotasi koleksi, pergantian game-game yang mungkin jaang dimainkan dengan game baru yang mungkin akan lebih menarik.

You may also like