CSI: Pelajar Hebat, Seri Board Game KPK Bagian 1

CSI: Pelajar Hebat, Seri Board Game KPK Bagian 1

CSI: Pelajar Hebat adalah sebuah board game purwarupa yang dikembangkan oleh Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bisa dimainkan untuk 4-6 pemain. Dalam permainan ini pemain akan menjadi pelajar yang akan menjalankan kartu-kartu misi cerminan dari kegiatan sehari-hari di sekolah. Tujuan dari permainan ini adalah mencari pemain yang berhasil mengumpulkan sebanyak mungkin poin bintang. Poin bintang ini bisa didapatkan bila pemain berhasil menyelesaikan misi.

Sample kartu misi
Sample kartu misi | Gambar: BG.ID

Kartu misi disini ada dua jenis, yaitu misi positif dan misi negatif. Hanya pemain aktif yang mengetahui informasi apakah misi ini positif atau negatif. Cara menyelesaikan misi adalah dengan mengajak atau merekrut pemain lain untuk bergabung ke dalam misi. Pemain aktif menawarkan kartu misinya dan berusaha memberikan penawaran agar pemain lain tertarik ikut (tanpa menyebutkan jenis misi tersebut). Pemain lain kemudian menyodorkan kartu “Yes” atau “No” secara tertutup untuk menyatakan mereka ikut misi (Yes) atau tidak (No). Misi dinyatakan berhasil dijalankan jika kuota (jumlah pemain yang ikut serta) yang tertera pada misi berhasil terpenuhi. Poin bintang akan diberikan/diambil tergantung dari misi yang dijalankan. Poin bintang diberikan pada semua pemain yang ikut serta bila berhasil menyelesaikan misi positif, pemain yang tidak ikut serta akan terkena penalty (poin bintang diambil). Sebaliknya, bila yang dijalankan adalah misi negatif justru pemain yang ikut serta akan diambil poinnya dan pemain sisanya akan mendapat poin bintang.

[fruitful_tabs type=”accordion” width=”100%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Board Game”]

Judul Game: CSI: Pelajar Hebat
Jumlah Pemain: 4-6 Pemain
Durasi Permainan: 30-45 menit
Rekomendasi Usia: 10 Tahun+

[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]

Board Game CSI: Pelajar Hebat ini merupakan tindak lanjut dari workshop game design KPK dan Kummara. Selanjutnya board game ini akan diujicobakan dalam acara PlayDay Board Game Anti Korupsi yang diberlangsungkan pada hari Jum’at, 15 April 2016 mendatang. Harapan kedepannyanya, dengan adanya board game CSI: Pelajar Hebat ini dapat membangun integritas bagiĀ para pelajar. MengajarkanĀ agarĀ tidak mudah terpancing dengan ajakan teman-teman yang mungkin bisa berdampak buruk. Pesan moral dari permainan ini, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu maksud dan tujuan dari ajakan tersebut.

You may also like