KESATRIA, Seri Board Game KPK Bagian 3

KESATRIA, Seri Board Game KPK Bagian 3

KESATRIA adalah board game purwarupa ketiga yang dikembangkan oleh Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  KESATRIA mengambil latar disebuah kerajaan dimasa yang hampir runtuh akibat banyaknya pejabat kerajaan yang melakukan korupsi. Raja kemudian membuka sayembara bagi para kesatria untuk mengejar dan menangkap para koruptor serta mengambil kembali harta atau aset yang dibawa oleh koruptor.

KESATRIA
Sample visual | Gambar: BG.ID

Cara bermainnya sangat mudah. Pemain akan memiliki tim yang berisi 10 kartu kesatria dengan tingkat kemampuan penyelidikan yang berbeda-beda. Setiap ronde akan terdapat empat kartu koruptor beserta harta yang dirampas namun mereka juga meninggalkan beberapa bukti. Tugas setiap pemain adalah meletakkan salah satu kesatrianya ke salah satu koruptor yang akan dikejar secara bergantian dengan pemain lain. Koruptor dinyatakan berhasil ditangkap dan harta rampasan berhasil disita bila jumlah kesatria lebih banyak daripada tingkat kelicikan si koruptor. Kesatria berhasil dan yang ikut serta dalam penangkapan koruptor tersebut akan mendapatkan poin. Sebaliknya bila ternyata tingkat kelicikan koruptor lebih besar dari jumlah para penyelidik (kesatria) maka harta yang dibawa koruptor tidak dapat disita. Pemenang adalah pemain yang memiliki poin paling banyak, namun semua pemain kalah bila hasil rampasan yang tidak tersita lebih banyak dari yang berhasil disita.

[fruitful_tabs type=”accordion” width=”100%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Board Game”]

Judul Game: KESATRIA
Jumlah Pemain: 3-4 Pemain
Durasi Permainan: 30 menit
Rekomendasi Usia: 12 Tahun+

[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]

KESATRIA merupakan tindak lanjut dari workshop game design kolaborasi KPK dan Kummara. Dengan adanya KESATRIA ini para pemain diharapkan memahami pentingnya ATR atau Asset Tracing, dimana menangkap koruptor saja bukan berarti masalah sudah selesai. Para penyidik juga harus mampu melacak kemana harta yang digunakan untuk korupsi. Setelah itu harta koruptor juga wajib disita sebagai bentuk gerakan antisipasipatif yang bertujuan untuk menyelamatkan atau mencegah larinya harta kekayaan. Selanjutnya permainan ini akan diujicobakan dalam acara PlayDay Board Game Anti Korupsi yang diberlangsungkan pada hari Jum’at, 15 April 2016 mendatang.

Baca juga: Seri Board Game KPK

 

You may also like