Terajana, Seri Board Game KPK Bagian 4

Terajana, Seri Board Game KPK Bagian 4

Terajana merupakan empat dari tujuh board game purwarupa yang dikembangkan oleh Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terajana adalah kepanjangan dari Tebak Rahasia Kata Jujur dan Bermakna. Jadi sudah bisa ditebak, inti dari permainan Terajana adalah uji pengetahuan.

terajana
sample visual | Gambar: BG.ID

Secara bergiliran pemain akan melempar dadu untuk menentukan jumlah langkahnya di papan permainan. Petak dimana bisa berisi petak pertanyaan, acak kata atau tantangan. Pemain akan mendapatkan sejumlah poin bila berhasil menjawab atau menyelesaikan tantangan. Pemain juga bisa kehilangan poin bila salah menjawab atau karena direbut oleh pemain lain dengan berhenti pada petak tertentu. Permainan berakhir ketika salah satu pemain telah melewati petak finish dan mendapat bonus poin. Pemain dengan perolehan poin terbanyak akan memenangkan permainan.

[fruitful_tabs type=”accordion” width=”100%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Board Game”]

Judul Game: Terajana
Jumlah Pemain: 3-5 Pemain
Durasi Permainan: 30-45 menit
Rekomendasi Usia: 10 Tahun+

[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]

Terajana merupakan bentuk tindak lanjut dari workshop game design kolaborasi KPK dan Kummara. Dengan pertanyaan-pertanyaan seputar anti korupsi dan ilmu pengetahuan umum, para peserta diharapkan bisa menambah wawasan setelah bermain Terajana. Integritas diantara pemain diharapkan juga bisa meningkat dengan adanya aktivitas-aktivitas tantangan dalam permainan.

Baca juga: Seri Board Game KPK

You may also like