D’Hospital, Seri Board Game KPK Bagian 5

D’Hospital, Seri Board Game KPK Bagian 5

Satu lagi board game purwarupa yang dikembangkan oleh Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Board game yang berjudul D’Hospital ini mengambil latar bagaimana mengatur fasilitas-fasilitas yang ada di rumah sakit dengan baik.

D'Hospital
Sample visual | Gambar: BG.ID

Setiap pemain akan bersaing mengumpulkan poin paling banyak dengan mengumpulkan kartu-kartu fasilitas yang sejenis (yang diibaratkan mengontrol fasilitas yang ada di rumah sakit). Setiap jenis kartu fasilitas terdapat beberapa yang positif dan ada yang negatif. Bila berhasil mengumpulkan satu set kartu fasilitas pemain akan mendapat poin tambahan. Keputusan pemain akan diuji disini, ketika ia dihadapkan dengan pilihan kartu negatif apakah akan diambil untuk syarat mengumpulkan satu set kartu (demi poin bonus) atau tidak. Konsekuensinya ketika setiap satu putaran, akan ada kartu event yang muncul. Beberapa diantaranya ada kartu inspeksi yang akan menyulitkanmu bila kamu menyimpan kartu fasilitas yang negatif. Permainan berakhir setelah putaran ke-10 atau 10 kartu event telah dijalankan.

[fruitful_tabs type=”accordion” width=”100%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Board Game”]

Judul Game: D’Hospital
Jumlah Pemain: 2-4 Pemain
Durasi Permainan: 30 menit
Rekomendasi Usia: 12 Tahun+

[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]

D’Hospital juga merupakan bentuk tindak lanjut dari workshop game design kolaborasi KPK dan Kummara. D’Hospital mengajari pemain untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan. Jangan tergoda mendapatkan hasil akhir yang maksimal namun dengan melakukan kecurangan. Ambil nafas panjang dan telaah lebih lanjut keuntungan-keuntungan dalam setiap keputusan, jangan sampai keputusanmu merugikan orang atau pihak lain. Selanjutnya purwarupa permainan ini akan diuji cobakan dalam acara diberlangsungkan pada hari Jum’at, 15 April 2016.

Baca juga: Seri Board Game KPK

You may also like