Steal This Game, Nano Game Yang Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Steal This Game, Nano Game Yang Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Bulan oktober memang menjadi bulan yang ditunggu-tunggu bagi para penikmat hobi board game. Di bulan tersebut, setiap tahun sebuah pameran board game yang sangat besar diselenggarakan di Jerman. Ratusan publisher dari puluhan negara berkumpul dalam ajang yang biasa disebut Essen Spiel untuk memperkenalkan game-game mereka, baik game terlaris maupun game yang terbaru.

booth LudiCreations Steal this Game
booth LudiCreations di Essen | Foto: kicksterter.com

Sayangnya, di Spiel 2016 kemarin telah terjadi tindak kriminal yaitu berupa pencurian kotak kasir di dua booth publisher. R&R Games dan LudiCreations menjadi korban pencuri profesional tersebut. Modusnya adalah ada pengunjung yang datang ke booth mereka dan bertanya atau minta diajarkan cara bermain suatu game, ketika kru publisher tersebut memalingkan badan sejenak untuk mengambil game dan kembali dalam waktu hanya sekitar 10 detik, kotak kasir di booth tersebut telah raib.

LudiCreations merupakan indie publisher, kasus hilangnya kotak kasir tentu sangat berat bagi mereka. Menanggapi keadaan yang mengejutkan ini David Turczi, seorang game designer yang telah membuat beberapa game untuk LudiCreations, mengambil inisiatif untuk membuat sebuah nano game (game yang menggunakan komponen sangat minim dan durasi permainan yang sangat singkat) seukuran kartu post tentang kejadian ini.

Steal the Game adalah judul permainannya, game ini dibuat hanya dengan sehari dengan segala support dari publisher terkait. Steal this Game hanya bisa dimainkan untuk dua pemain dimana satu pemain akan mengambil peran sebagai publisher yang hadir dalam sebuah pameran akbar dan pemain satu lagi akan menjadi pencuri profesional yang akan mencuri kotak kasir lawan.Steal this game work on progress

Publisher akan menyembunyikan uang di salah satu dari empat kotak kasir, kemudian pencuri akan melempar sepasang dadu untuk mendapatkan informasi di mana letak uang. Bila publisher bisa mencegah aksi pencuri, pencuri memperoleh satu kesempatan untuk menebak di mana uang disimpan, bila salah, publisher yang menang.

Selesai Spiel, Steal this Game langsung dikampanyekan di situs galang dana kickstarter pada hari seninnya (Spiel berakhir pada hari minggu) dan berhasil mengumpulkan dana50 ribu dolar atau setara 670 juta rupiah.

Sumber: boardgamegeek.com

You may also like