Balloon, Board Game Baru Dari Jakarta Tentang Persahabatan

Balloon, Board Game Baru Dari Jakarta Tentang Persahabatan

Mat Goceng, Keris Tanding, Waroong Wars, Pet War dan Laga Jakarta adalah beberapa contoh judul board game yang dibuat oleh teman-teman setanah air. Setidaknya jumlah board game lokal (board game buatan Indonesia) saat ini hampir mencapai 20 judul. Nah, sebentar lagiĀ Indonesia akan segera memiliki tambahanĀ judul baru ke dalam deretan board game lokal.

Balloon adalah judul permainannya. Sebuah game yang didesain oleh Fitriani Naim dari FeiraTochi, sebuah pengembang board game yang terdiri dari sepasang suami-istri yang tinggal di Jakarta.

Setelah melakukan banyak playtest akhirnya FeiraTochi memilih Balloon sebagai game pertama yang akan mereka rilis. Balloon awalnya didesain sebagai sebuah simbol perpisahan kepada sahabatĀ Feira (panggilan akrab Fitriani) yang meninggalkan Indonesia setelah sahabatnya menikah.

Feira menganggap balon sangat cocok untuk menjadi sebuah ekspresi yang ceria untuk memulai sesuatu yang baru. Apalagi balon terlihat sangat indah ketika terbang ke langit yang biru.

FeiraTochi bekerja sama dengan Chiveus selaku co-publisher untuk merilis Balloon. Saat ini, masa pre-order untuk Balloon telah dibuka. Dengan harga Rp 195.000 kamu bisa mendapatkan sepaket board game Balloon yang berisiĀ 28 kartu balon (2 sisi-bolak balik), 25 kartu resource, 30 kartu poin, 23 kartu skill, 2 papan permainan, dan buku petunjuk permainan (2 bahasa).

Game iniĀ memiliki dua mode permainan yaitu mode Couple untuk 2 pemain dengan gaya permainan yang lebih strategis dan mode Party untuk 2-4 pemain untuk permainan yang lebih santai.

Cara bermainnya cukup mudah, pemain cukup mengumpulkan kartu resource yang nanti bisa ditukar untuk membalik kartu balon. Jumlah dan warna resource yang ditukar harus sama dengan jumlah dan warna balon yang akan dibalik. Jika berhasil membalik kartu balon, pemain berhak mendapatkan poin. Sampai salah satu kondisi akhir permainan tercapai, pemain yang memiliki poin paling banyak adalah pemenangnya.

Balloon by FeiraTochi
Fei (kiri) dengan sahabatnya bermain Balloon | Foto: FeiraTochi
Penulis menjajal bermain Balloon di Game Prime 2016 (Jakarta) | Foto: FeiraTochi

Khusus untuk mode Couple setiap pemain akan memperoleh papan permainan, meletakkan balon yang berhasil ditukar dengan resource ke papan tersebut. Bonus poin akan diberikan bila pemain berhasil meletakkan balon dengan urutan tertentu. Uniknya lagi, permainan ini bisa dimainkan oleh pemain yang buta warna karena setiap warna balon yang berbeda memiliki bentuknya sendiri.

Yuk, masih ada waktu untuk ikut pre-ordernya. Langsung saja kunjungi facebook page FeiraTochi
dan dapatkan kantong dan juga gantungan kunci selama masa pre-order.

 

You may also like