Kabar Spiel 2015: Day 3 – Industri yang Tidak Akan Mati

Beberapa orang menyebutkan tahun 2015 bukan lagi era permainan tradisional. Memang benar, banyak anak-anak yang sekarang merambah ke permainan digital. Mereka pun tahu jika kakak atau orang tuanya punya smartphone, pasti di dalamnya ada minimal satu game. Warnet yang sekarang juga makin menjamur menghadirkan berbagai game online. Konsol & PC game yang menyuguhkan game-game dengan grafis menawan atau fitur eksplorasi dunia yang tak terbatas.

Namun, percaya atau tidak, sebagian kecil dari masyarakat disetiap negara ada pasti ada yang masih merasakan bahagianya bermain dengan teman atau keluarga menggunakan permainan konvensional. Bermain board game di era digital bukanlah sesuatu yang kuno atau ketinggalan jaman. Justru board game kini sedang dicari-cari untuk menyeimbangkan siklus sosial. Setika lagi ngumpul dengan teman/keluarga untuk mencegah masing-masing menghadap layar, board game sangatlah membantu. Mengembalikan lagi interaksi dan komunikasi dengan sesama, berkumpul menjadi suatu kehangatan.

Malahan, mungkin kamu yang ketinggalan jaman kalau tidak tahu bahwa setiap tahun ada setidaknya 100 board game baru yang dirilis ke pasaran, dan Spiel 2015 menjadi ajang untuk publisher memperkenalkan ratusan board game baru tersebut. Sudah tahukah kamu di Indonesia, Manikmaya Games selaku publisher board game dari Bandung punya 4 game baru yang hadir di tahun ini? Dimulai dari Mahardika pada Februari lalu, kemudian Bhinneka dibulan Mei dan 2 judul game Waroong Wars & Pagelaran Yogyakarta di awal Oktober kemarin.

Sejatinya industri board game tidak akan tenggelam di era digital, pertumbuhan industri board game justru akan makin melejit karena dari segi pengembangannya pun lebih mudah dan lebih murah dari game digital. Bisa dibuktikan juga dari kesuksesan penggalangan dana untuk proyek board game yang lebih banyak (dari segi jumlah proyek dan funding) dibanding game digital di kickstarter.

Kembali ke Kabar Spiel 2015, inilah beberapa potret pilihan yang menggambarkan keramaian Spiel 2015 hari ke tiga:

null
Para board gamer berondong-bondong siap menuju spiel hari ketiga
null
Castellion dari Z-man Games
null
Booth Catan, mereka akan menggelar Catan Big Game
null
Rentetan Catan Big Game yang sedang berlangsung. FYI, semua map akan saling berhubungan dengan Map sebelahnya
null
Pingo pingo, board game survival dengan tokoh pinguin
null
Blackhat, board game dengan tema hacker
null
Suasana Spiel 2015 hari ketiga
null
Luchador Dice, gulat dengan aksi yang ada di dadu
null
Gum Gum Machine dan Tornado Ellie (memang ada sapinya ternyata)
null
Suasana Spiel 2015 hari ketiga (2)

You may also like