Selamat! Coffeetopia Terpilih Menjadi Suvenir Board Game Kopi Indonesia dari BEKRAF

Selamat! Coffeetopia Terpilih Menjadi Suvenir Board Game Kopi Indonesia dari BEKRAF

Awal Agustus lalu, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) menggelar Sayembara Kopi untuk mencari board game-board game karya anak bangsa yang mampu mempromosikan Kopi Indonesia. Pendaftaran pun ditutup tanggal 20 Agustus lalu. Meskipun masa pendaftaran sayembara hanya berdurasi kurang dari dua minggu, ternyata cukup banyak kontestan yang mengikuti sayembara ini.

Terbukti, sebanyak 13 judul board game bertema kopi terdaftar menyambut tantangan dari BEKRAF. Tema besarnya memang kopi, namun para kreator mengeksekusinya dengan narasi yang beraneka ragam. Ada yang menceritakan tentang luwak, tanya jawab seputar kopi Indonesia, lelang biji kopi, menjalani profesi sebagai barista hingga menjadi eksportir kopi dan lainnya.

Baca juga: Sayembara Kopi dari BEKRAF Diikuti oleh 13 Judul Board Game Indonesia Bertema Kopi

Penjurian board game mana yang akan menjadi suvenir resmi BEKRAF dalam mempromosikan Kopi Indonesia berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2018 di Hotel Mercure Sabang Jakarta. Berbarengan dengan penjurian board game yang akan tampil di SPIEL 2018 di Jerman.

Coffeetopia

Dengan memperhatikan berbagai aspek, para juri pun menilai. Dari ke-13 judul yang terdaftar, hanya ada satu jawara yang akan terpilih. Mari berikan selamat untuk board game berjudul Coffeetopia (berdasarkan ranking nilai penjurian).

Game ini mengajak pemain menjadi eksportir kopi Indonesia, mengumpulkan kopi dari berbagai daerah di Indonesia untuk dijual ke luar negeri. Game ini menawarkan lebih dari 15 varietas kopi Indonesia yang terbagi dalam tiga wilayah di Indonesia: Barat, Tengah, dan Timur.

Masbro Studio (Laga Jakarta, Bluffing Billionaires) adalah dalang dibalik game yang akan dimainkan secara simultan oleh semua pemain setiap putarannya. Setiap kartu mewakili daerah tempat biji kopi bisa dipanen, plus ada bonus aksi yang berbeda antar kartu pemain.

Baca juga: Indonesia Punya Booth Seluas 66 Meter Persegi di Hall 3 SPIEL 2018, Apa Artinya?

Pemenang sayembara ini akan dicetak 1.300 buah dan akan dibagikan sebagai suvenir Indonesia dalam ajang atau acara yang diikuti oleh BEKRAF. Wah, sekali lagi selamat ya untuk Masbro dengan Coffeetopianya!

You may also like