Board Game Geek: Hal Penting yang Seharusnya Dilakukan Indonesia di Industri Board Game [Bagian 2]

Board Game Geek: Hal Penting yang Seharusnya Dilakukan Indonesia di Industri Board Game [Bagian 2]

Kembali lagi di sesi wawancara eksklusif bersama dengan W. Eric Martin dari Board Game Geek yang kami undang ke booth Archipelageek dari BEKRAF sewaktu Essen SPIEL 2019 bulan Oktober. Semua yang sudah nyemplung ke hobi board game pasti tahu situs Board Game Geek (BGG) yang di dalamnya terdapat database, kabar dan forum tentang board game. Eric Martin adalah seorang editor di sana.

Berhubung Eric bekerja sebagai editor penulis berita, Ia pasti lebih banyak tahu tentang board game. Karenanya kami pun mewawancarai Eric dan pada bagian kedua ini kami berbincang bagaimana Indonesia yang masih terbilang baru di industri bisa semakin dilirik oleh masyarakat, komunitas dan penerbit board game dunia.

Baca juga:Board Game Geek: Sulitnya Mencari Informasi Board Game di Asia [Bagian 1]

Kami kemudian juga berbincang mengenai rancangan board game. Menurut preferensi pribadinya, Eric lebih suka board game yang unik, yang tidak biasa. Lalu Ia berpendapat bahwa lebih baik membuat game yang jelas disukai sebagian orang meskipun sebagian lain akan membenci game tersebut, daripada merancang game yang menurut orang hanya berkata “lumayan bagus”.

Alasannya sederhana, mereka yang bilang “aku suka” akan dengan senantiasa menceritakan game yang Ia mainkan, bahkan membagikannya ke Twitter, Instagram atau bahkan membuat ulasannya. Selengkapnya mari kita simak sama-sama sesi interview bersama W. Eric Martin bagian kedua berikut ini:

Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id edisi Essen SPIEL 2019 lainnya. Ada video interview kami dengan game designer, penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like