Bluffing Billionaires: Paling Kaya? Ah Paling Cuma Menggertak [Review]

Bluffing Billionaires: Paling Kaya? Ah Paling Cuma Menggertak [Review]

Layaknya reuni dengan teman-teman sekolah, kamu berkumpul dengan mereka dan bisa jadi saling bergunjing sekarang kerja di mana? jabatannya apa? gaji berapa? sudah punya rumah di mana saja? Hmm.. kalau yang berkumpul itu para Milyuner, kira-kira apa yang mereka gunjingkan?

Paling sih saling pamer aset dan harta kekayaan, ya nggak sih? Nah, kalau cuma mau jadi ajang pamer siapa yang paling kaya, Msbr Studio punya jawabannya. Apalagi kalau bukan lewat card game terbaru mereka berjudul Bluffing Billionaires.

Mau tahu lebih lanjut tentang gimana serunya permainan ini, yuk simak ulasan dari Boardgame.id berikut ini:

Cara Main

Seperti yang tersirat dalam judul, pemain hanya perlu bluffing atau menggertak. Meyakinkan milyarder lain bahwa kamulah yang asetnya paling mahal. Pertama-tama, setiap pemain mendapat satu set kartu aset berangka 1 (satu) sampai 9 (sembilan).

Permainan dimulai dengan satu pemain memilih satu kartu aset yang dimilikinya untuk dimainkan secara tertutup di depannya sambil berteriak, “Aku yang paling kaya!” atau “Asetku ini paling mahal!”. Pemain berikutnya melakukan hal yang sama. Saat ada lebih dari satu pemain yang mengaku demikian, maka pemain (bisa lebih dari satu) yang sebelumnya mengaku paling kaya harus memilih antara dua opsi: “Percaya” atau “Tidak Percaya”

Pemain yang tidak percaya akan membuka kartu aset di depannya dan membandingkan angkanya dengan angka kartu aset milik pemain yang terakhir kali bilang dia paling kaya. Pemain dengan angka yang lebih besar akan memenangkan tantangan dan boleh mengambil kartu aset penantang.

Pemain yang memilih “Percaya” tidak membuka kartu asetnya. Begitu seterusnya sampai satu pemain bangkrut. Pemain dengan nilai aset paling banyak (dari sisa kartu miliknya + kartu aset pemain lain).

Aksi & Gameplay

Satu yang perlu dilakukan pemain hanyalah mengaku yang paling kaya. Aksi yang angat sederhana dan tidak menguras otak. Meskipun begitu bukan berarti game ini tidak memiliki strategi. Kartu-kartu aset yang terbuang atau dimenangkan oleh pemain akan tetap terbuka di area permainan.

Karena informasi ini terbuka, pemain bisa memanfaatkannya membaca situasi, mendeduksi kira-kira lawan tinggal memiliki kartu angka berapa saja. Ada pula kemampuan khusus yang menempel pada setiap karakter.

Komponen & Visual

Game ini hanya berisikan kartu saja, tidak ada dadu, token dan lainnya. Semua infomasi dihadirkan dalam kartu sangat jelas, angka yang tertera dibuat cukup besar. Pemain juga akan mudah mengidentifikasi kartu karakter berdasarkan warna kartu.

Ilustrasi pada kartu juga cukup imut dan sedikit kocak. Karakter yang diambil bisa dibilang parodi dari para tokoh yang memang punya harta selangit. Karena game ini adalah tentang kekayaan, box Bluffing Billionaires juga didesain mirip segepok uang kertas. Sangat tematik.

Final Thought

Meski terlihat sederhana dan cara mainnya gampang, game ini juga penyimpan dilema lho!. Pasalnya, di akhir permainan, sisa kartu aset milikmu juga akan menjadi poin sesuai dengan nilai angka kartu tersebut. Semakin besar angka kartu tentu poin akan semakin tinggi pula poin yang didapat. Yang jadi masalah, jika pemain tidak mengeluarkan kartu bernilai kemungkinan kalah sangat besar saat mengadu nilai aset siapa yang lebih besar.

Soal durasi, game berjenis party seperti ini tidak memakan waktu lama. Boxnya yang relatif kecil memudahkan untuk dibawa ke mana-mana dan bisa dimainkan sambil menunggu pesanan makanan datang.

Oiya, game ini mendapatkan penghargaan Board Game of the Year di ajang Popcon Awards 2018 kemarin lho. Well, bluffing adalah tentang pilihan, mau menggertak atau jujur. Mana pilihanmu?

Akhir kata, tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Msbr Studio yang telah memberikan review copy Bluffing Billionaires. Pembaca bisa mendapatkan game ini di sini.

You may also like