Stockastic: Belajar Cara Jual Beli Saham [Review]

Stockastic: Belajar Cara Jual Beli Saham [Review]

  • Opini
  • November 16, 2018
  • 286
  • 5 minutes read

Tidak semua orang paham tentang berdagang saham. Karena tidak tahu juntrungannya, mereka yang tidak tahu lantas memilih tidak mempelajarinya sama sekali. Memang sih, ada resiko. Namun, jual beli saham bisa menjadi salah satu kesempatan untuk menambah sumber penghasilanmu lho!

Bagi yang ingin terjun ke bisnis saham, jangan langsungĀ merasa takut. Untungnya, sekarang teman-teman dari Coralis Entertainment telah merilis sebuah media simulasi jual beli saham yang berjudul Stockastic dalam wujud board game. Belajar saham dan resikonya sekarang makin menyenangkan bukan?

Stockastic: 3-6 pemain, 45-90 menit, 14 tahun ke atas.

GAMEPLAY OVERVIEW

Pemain akan menjadi individu yang akan menekuni bisnis saham. Bersaing dengan pemain lain untuk membuktikan siapa pedagang saham paling kaya di akhir permainan. Setiap putaran, pemain akan melakukan beberapa aksi seperti membeli/menjual saham baik dari perusahaan maupun dari pemain lain. Atau, menyebarkan rumor untuk memanipulasi harga saham sebuah perusahaan.

Pemain harus bisa membaca perkiraan performa perusahaan dan menjual saham mereka saat kondisinya bagus atau sebelum harganya anjlok. Ada pula kartu peristiwa yang juga bisa mempengaruhi naik-turunnya harga saham secara tiba-tiba.

Stockastic tidak secara detail mengajarkan pemain soal berdagang saham, namun menyediakan cukup informasi untuk orang awam mau belajar memahami saham dan bagaimana bisnis saham berjalan. Gim ini juga menawarkan kamu pilihan untuk menggunakan kartu karakter. Selain menjadi lebih seru, kartu karakter juga memberikan gambaran bagaimana jika seorang guru, pelajar atau profesi lainnya bermain saham.

AKSI & MEKANIK

Stockastic dimainkan dalam 6 putaran di mana setiap putarannya melewati beberapa fase seperti: Fase Bidding (untuk menentukan urutan main), Fase Aksi (fase di mana pemain boleh jual beli saham atau mengirim rumor), Fase Resolusi (efek dari kartu peristiwa dan rumor akan diterapkan, dan pemain mendapat deviden).

Setiap fasenya bisa dijalankan dengan mudah karena pada dasarnya Stockastic bukanlah permainan yang kompleks. Fase bidding, di sini cukup penting. Semakin besar uang yang kamu keluarkan, kamu berkesempatan menjadi pemain pertama yang melakukan aksi. Artinya, kamu bisa membeli saham perusahaan di saat harganya masih rendah. Setelah pemain membeli saham, harganya akan naik sejumlah berapa sajam yang dibeli.

Masalahnya, kalau kamu terlalu banyak mengeluakan uang sewaktu fase bidding bisa jadi kamu akan kehabisan uang untuk membeli saham. Di akhir permainan, pemain akan mengkalikan kartu saham miliknya dengan harga saham perusahaan tersebut. Pemain dengan total nilai saham paling tinggi adalah pemenangnya.

KOMPONEN & VISUAL

Terdapat banyak kepingan yang dijadikan sebagai komponen, baik untuk koin, token perkiraan dan token penanda harga saham/performa perusahaan maupun untuk token urutan pemain. Selain itu ada kartu untuk saham perusahaan, peristiwa dan rumor. Tersedia empat papan (sisi ganda) yang mencerminkan perusahaan dan performanya (berbeda setiap papannya dan sisinya).

Visualnya dibuat secukupnya, tidak terlalu heboh dengan desain warna warni. Mungkin agar tidak mengganggu informasi/pembelajaran yang ingin hadirkan. Nama-nama perusahaan merupakan parodi dari perusahaan sungguhan, cukup kocak.

FINAL THOUGHT

Kami memainkannya hanya sampai empat orang, itupun sudah seru. Beberapa pemain terpaksa menjual saham perusahaannya yang dipegangnya sebelum perusahaan tersebut bangkrut akibat harga sahamnya sudah anjlok, jauh di bawah IPO (harga saham awal yang ditawarkan perusahaan).

Kami bisa bayangkan bagaimana pergolakan harga saham di setiap perusahaan jika Stockastic dimainkan dengan 6 pemain. Pasti akan sangat ketat dan fase bidding menjadi sangat intens lantaran urutan main bisa menentukan prestasi.

Oiya, jika menyertakan kartu karakter, pemain harus membayar biaya operasional di setiap akhir ronde. Menjadikan uang pemain semakin terbatas. Pemain terpaksa harus menjual sahamnya jika tidak memiliki cukup uang untuk membayar biasa operasional. Kartu karakter membuat permainan menjadi lebih pelik.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari permainan ini. Bagaimana sistem naik turun harga saham perusahaan tersimulasikan dengan baik di sini. Kami juga banyak belajar dari kartu peristiwa yang disuguhkan, sedikit-banyak kami jadi tahu apa saja yang mempengaruhi harga saham dengan tiba-tiba. Beberapa tim Boardgame.id yang awalnya tidak paham dengan bisnis saham, setelah memainkan gim ini menjadi cukup tercerahkan.

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepadaĀ Coralis Entertainment yang telah memberikanĀ review copyĀ Stockastic.

Stockastic bisa didapatkan lewat DM akun Instagram Stockastic.

You may also like