Makin Optimis! Kolaborasi Indonesia-Inggris untuk Board Game Internet Sehat dan Cyber Security

Makin Optimis! Kolaborasi Indonesia-Inggris untuk Board Game Internet Sehat dan Cyber Security

Kunjungan tim Kummara Studio ke Universitas Kent di Inggris masih berlanjut. Kesempatan kunjungan ini tak lepas dari agenda Indonesia yang menjadi Market Focus Country dalam pameran LBF sebagai bentuk pengenalan produk board game Indonesia ke masyarakat london dan sekitarnya. Pada hari sebelumnya, Eko Nugroho (CEO Kummara Studio) mempresentasikan tumbuh kembangnya industri board game Indonesia serta kaitannya dengan serious game dan game-based learning.

Baca juga: Indonesia Akan Gandeng Salah Satu Universitas di Inggris untuk Kembangkan Board Game Internet Sehat?

Pertemuan di hari kedua terpusat pada diskusi lebih detil terkait rencana riset kolaborasi antara Indonesia-Inggris untuk mengembangkan board game bertema internet sehat, cyber security, dan mental health. Pada kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk eksplorasi beberapa judul game Indonesia buatan Kummara Studio seperti Ideapolis (tentang engembangan Intellectual Property), Carpe Diem (tentang depresi dan bagaimana menyikapinya) , dan juga Galaxy Obacurio (menyebarkan nilai toleransi dan perdamaian).

Diakhir sesi, Eko menyerahkan 1 box Galaxy Obacurio sebagai kenang-kenangan untuk Dr. Jim Ang, Dosen Senior di Multimedia/Digital Systems & Direktur Studi Pascasarjana, dan untuk Dr. Budi Arief Dosen Senior dan Direktur Inovasi.

Sesi kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait action plan serta kemungkinan penandatanganan nota kesepahaman untuk menindaklanjuti berbagai ide juga kolaborasi riset yang telah didiskusikan. Semua pihak sangat optimis dan semoga kerjasama ini membuka banyak kesempatan baru untuk pengembangan board game Indonesia secara internasional.

You may also like