Terraforming Mars: Colonies – Eksploitasi Sumber Daya Bulan [Review]

Terraforming Mars: Colonies – Eksploitasi Sumber Daya Bulan [Review]

  • Opini
  • May 9, 2019
  • 234
  • 6 minutes read

Manusia memang tidak pernah merasa puas. Meskipun telah berhasil menginjakkan kaki di planet merah, tetap saja korporasi-korporasi raksasa menginginkan lebih. Manusia menemukan kesempatan untuk mengambil sumber daya dari bulan. Menjadikan bulan sebagai koloni bisa menjadi opsi yang tepat untuk mengeksploitasi sumber daya dan mineral di sana.

Terraforming Mars: Colonies

Kali ini Boardgame.id akan mengulas Terraforming Mars: Colonies yang merupakan ekspansi dari Terraforming Mars. Bahasan berikut hanya menitik beratkan pada perubahan dan aturan baru dari ekspansi. Beberapa detil tentang gambaran cara main Terraforming Mars tidak akan dijelaskan di sini. Kamu bisa membacanya secara terpisah di artikel: Terraforming Mars: Jadikan Mars Layak Huni [Review].

Catatan: Kamu membutuhkan base game Terraforming Mars untuk bisa memainkan ekspansi ini.

The Colonies
Beberapa contoh keping koloni

GAMEPLAY OVERVIEW

Ekspansi keempat dari Terraforming Mars ini mengajak pemain untuk membuat koloni di berbagai bulan yang mengelilingi planet-planet di tata surya kita seperti Ceres, Callisto, Luna dan lainnya. Ada beberapa aksi tambahan seperti mendirikan pusat koloni atau mengirimkan pesawat ke koloni yang sudah dimiliki pemain untuk bertukar dengan sumber daya di sana.

Pesawat dan aksi baru

Ekspansi Colonies memberikan opsi baru untuk meraup sumber daya. Setiap koloni memiliki sumber daya tersendiri dan hanya dipakai sebagain untuk satu sesi game. Selain koloni, ekspansi ini juga menawarkan kartu-kartu baru yang pastinya bisa memberikan pemain strategi dan pengalaman bermain yang berbeda.

AKSI & MEKANIK

Membangun koloni adalah salah satu aksi baru yang muncul di ekspansi ini. Pemain bisa membangun koloni dengan membayarkan 17 Mega Credits. Dengan melakukan aksi ini, pemain bisa mengakses aksi berikutnya yaitu trading.

Aksi ini mengizinkan pemain untuk mendapatkan sumber daya dari luar papan utama. Total ada 11 koloni yang akan memiliki sumber daya berbeda. Setiap generasi (berganti putaran), jumlah sumber daya akan terus bertambah. Pemain bisa memetiknya di waktu yang tepat untuk hasil maksimal, itupun kalau tidak diserobot pemain lebih.

Pemain Merah bisa melakukan aksi trading di koloni Enceladus karena Ia telah memiliki koloni di sana

Ya! Satu koloni bisa dikuasai oleh banyak pemain. Begitu sumber dayanya diambil, jumlahnya akan kembali ke nilai yang paling kecil (reset). Untuk mendapatkan sumber daya tersebut, pemain harus mengirimkan pesawat ke koloni yang sudah dikuasainya dan menukarnya dengan 9 Mega Credit atau 3 Energi atau 3 Titanium.

VISUAL & KOMPONEN

Banyak komponen anyar yang baru diperkenalkan di Colonies. Adanya pesawat yang digunakan untuk trading, kepingan-kepingan koloni, serta beberapa kartu korporasi dan kartu proyek baru. Setiap kartu yang berasal dari ekspansi ini ditandai dengan simbol segitiga hitam.

Terraforming Mars: Colonies - Corporation Cards
Kartu korporasi baru

Desain pesawat cukup unik. Terbuat dari plastik dengan cekungan di tengahnya, fungsinya agar bisa diisi oleh kubus milik pemain. Untuk gambar kartu, ilustrasinya masih mempertahankan gaya lama alias masih sama dengan base game. Pastinya aneh juga kan kalau dibuat dengan ilustrasi yang berbeda.

REPLAYABILITY

Sebagai ekspansi, sudah semestinya memberikan replayability lebih. Hal ini didukung dengan adanya kartu-kartu proyek baru yang bisa digabung dengan kartu proyek dari base game atau ekspansi yang lain. Setiap kartu tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Di antaranya juga ada efek baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Adanya koloni juga berperan penting. Sesi bermain Terraforming Mars menjadi lebih dinamis karena pemain bisa mendapatkan sumber daya dari sumber alternatif.

Terraforming Mars: Colonies - Project Cards
Beberapa contoh kartu proyek baru

FINAL THOUGHTS

Isa Akbar

Ekspansi Colonies menciptakan gaya bermain baru untuk Terraforming Mars karena pemain bisa melancong ke bulan dan mendapatkan sumber daya di sana. Namun biaya untuk mendirikan koloni juga tidak murah. Hal ini membuat pemain berpikir ulang untuk mengatur ulang strateginya dengan lebih matang. Memastikan apakah biaya untuk mendirikan koloni dan trading di koloni lebih menguntungkan daripada biaya memainkan kartu dengan efek yang sepadan.

Bulan yang digunakan sejumlah pemain + 2 (jadi kalau bermain dengan 3 pemain akan ada 5 bulan.

Esqi Aktiadi

Colonies menghadirkan tambahan opsi dalam permainan, membuat sumber daya yang sebelumnya tidak terpakai menjadi lebih berguna. Di satu sisi, ekspansi ini juga bisa mempercepat durasi permainan dan menambah strategi baru bagi pemain.

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Stronghold Games yang telah memberikan review copy Terraforming Mars: Colonies.

You may also like