Apa Kaitan Tiga Board Game ini dengan Film Horor Midsommar?

Apa Kaitan Tiga Board Game ini dengan Film Horor Midsommar?

  • Opini
  • July 16, 2019
  • 257
  • 4 minutes read

Kamu sudah nonton trailer dari film Midsommar? Film horor unik ini memang lagi di tengah sorotan banyak orang. Alasan sederhananya, tampaknya karena suasana film yang tidak seperti genre horor biasanya. Selain itu, trailer berdurasi 2,5 menit tersebut juga menyoroti salah satu perayaan khas Eropa – Midsummer Festival yang berasal dari sebuah kota di Swedia.

Salah satu cuplikan di trailer film dengan maystång yaitu tiang khas Midsummer Festival di Swedia | Foto: Movie Geeks

Dilansir dari situs PPI Swedia, Midsommarafton atau Midsummer Festival adalah satu hari libur spesial yang jatuh pada musim panas. Biasa dirayakan di bulan Juni, acara ini dilakukan di waktu siang hari terpanjang pada musim panas. Menurut sejarah, Midsommarafton adalah tradisi untuk mensyukuri kesuburan dan hasil panen yang dihasilkan di musim tersebut.

Selain makan bersama, festival ini diisi dengan kegiatan menghias dan menaikkan maystång, sebuah tiang simbol kesuburan. Setelah itu semua orang berkumpul di sekelilingnya dan menari serta menyanyi lagu perayaan khas midsummer.

Tidak Hanya Film, Festival Pun Ada di Board Game

Fungsi media hiburan yang secara tidak langsung mempromosikan pariwisata suatu tempat, rupanya tidak terjadi dalam film seperti di atas. Sebagai salah satu permainan yang semakin naik daun, board game pun banyak yang memasukkan unsur perayaan di dalamnya lho. Harapannya pemain akan mendapat informasi tentang kegiatan tersebut dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Lanterns Dice, Nyalakan Lampion Apung Dengan Dadu dan Pensil Dalam Board Game Adaptasi Jawara Mensa Select

Seperti Lanterns: The Harvest Festivals (2015) yang menceritakan festival lampion yang sering ditemui di negara Asia seperti Cina, Taiwan dan Vietnam. Bercerita tentang seniman yang mempersiapkan festival, game ini hadir dengan ilustrasi berupa lampion warna-warni di sepanjang danau.

Berpindah ke Eropa, ada Oktoberfest (2017) yang menyoroti festival bir tahunan terbesar dunia dari suku Bavaria tersebut. Dijelaskan di board game tersebut bahwa acara Oktoberfest awalnya merupakan selebrasi pernikahan Pangeran Ludwig I dan Putri Therese of Saxe-Hildburghausen di tahun 1810 silam.

Bagaimana dengan board game dalam negeri? Dengan sejuta budaya, tentu Indonesia memiliki banyak sekali festival yang bisa dipelajari. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat dalam board game The Festivals (2017) yang menantangmu menjadi traveller dan harus menjadi yang pertama mengunjungi festival di berbagai daerah.

Baca Juga: Seru! Anak-anak Jelajahi Ragam Perayaan Nusantara di Kelas Kedua Gameschooling

festival
The Festivals, perkenalkan ragam perayaan di nusantara | Foto: Boardgame.id

Beberapa contoh judul game barusan mungkin bisa dimainkan sebelum berkunjung ke acara aslinya. Siapa tahu saja, beberapa tahun lagi Midsummer Festival bakal ada board gamenya…

You may also like