Rayakan Hari Spesial Nusantara Lewat 5 Board Game ini, Indonesia Banget!

Rayakan Hari Spesial Nusantara Lewat 5 Board Game ini, Indonesia Banget!

Hanya dalam hitungan hari, negara Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-74. Sebagai sebuah negara, Indonesia memang tempat yang menarik. Pemandangan indah yang beragam, perairan yang luas, bangsa yang ramah dan masih banyak lagi. Nama Indonesia pun beberapa kali diakui oleh negara lain lho, bahkan beberapa game designer mancanegara sempat membuat board game bertema negara kita.

Baca Juga: 3 Board Game Berjudul Bali ini Bukan Buatan Orang Indonesia?

Begitu banyak inspirasi yang bisa didapat dari keanekaragaman hidup di Indonesia. Jika board game terbitan luar negeri saja sudah banyak membahas Indonesia, bagaimana dengan board game karya anak bangsa? Tentu lebih banyak! Sebagai permulaan, Boardgame.id berhasil mengumpulkan lima judul yang “Indonesia” banget. Mainkan bersama teman dan keluargamu ya!

Waroong Wars

game Indonesia
Kalau bisa tahan lapar setelah main Waroong Wars, kamu hebat! | Foto: Boardgame.id

Apa sih yang kamu kangenin saat berada di luar Indonesia? Sebagian besar pasti menjawab: makanannya. Bukan rahasia lagi kalau makanan nusantara ini memang bikin candu. Lezatnya kuliner Indonesia pun dituangkan dalam board game asal Surabaya berjudul Waroong Wars.

Dalam game ini pemain menjadi pemilik warung yang berlomba menyajikan beberapa menu makanan khas Jawa Timur untuk mendapatkan poin. Jadilah pemain dengan poin terbanyak untuk menjadi pemenangnya. Ulasan dan informasi lengkap Waroong Wars bisa dilihat di sini. Bisa didapatkan di Tokopedia Galeri Board Game Indonesia.

Roket Raket

Selain kulinernya, Indonesia juga terkenal akan para atlet badminton yang kerap mengharumkan nama tanah air di kancah dunia. Karena itu olahraga dengan raket dan shuttlecock ini sangat dikenal oleh masyarakat berbagai kalangan. Rasa dekat Indonesia dengan badminton pun menginspirasi lahirnya sebuah card game berjudul Roket Raket.

Baca Juga: Roket Raket Card Game Pindahkan Lapangan Bulu Tangkis Ke Atas Meja

Bisa dimainkan satu lawan satu atau berpasangan, Pemain akan dibekali kartu yang di dalamnya tergambar simbol tangkis dan bola shuttlecock. Pemain akan bergantian mengeluarkan kartu sampai salah satu tidak bisa membalas pukulan atau staminanya habis. Terdapat juga kartu karakter dengan kemampuan khusus yang bisa memutar balikkan keadaan.

Roket Raket bisa kamu beli seharga Rp 99.000 di Tokopedia Galeri Board Game Indonesia.

Linimasa: Kemerdekaan

Kata Bung Karno, “bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”. Jika biasanya mempelajari sejarah hanya bisa lewat buku pelajaran atau berkunjung ke museum, sekarang kamu juga bisa belajar sejarah Indonesia lewat permainan. Berjudul Linimasa: Kemerdekaan, pemain akan diajak melihat banyak peristiwa penting yang terjadi di masa penjajahan tahun 1900-an hingga Indonesia meraih kemerdekaan.

game Indonesia

Menariknya, Linimasa Kemerdekaan juga dilengkapi dengan aplikasi kuis dan AR (Augmented Reality) yang bisa diakses dengan mengunduh aplikasi Linimasa Card Game di Google Play. Nah, belajar sejarah pastinya tidak akan membosankan lagi dan bisa dilakukan dimana saja. Linimasa: Kemerdekaan bisa kamu beli langsung di Tokopedia Galeri Board Game Indonesia.

The Festivals

Tahukah kamu, bahwa ada lebih dari 100 festival yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Banyak sekali ya? Kalau belum sempat mengunjungi semuanya (atau malah ada perayaan yang belum kamu tahu), mungkin kamu bisa coba berkenalan dulu lewat board game The Festivals ini. Ceritanya kamu adalah traveler yang ingin pergi ke berbagai perayaan di Indonesia.

game Indonesia

Setiap ronde pemain akan melakukan beberapa fase yaitu melakukan perencanaan dan memilih tiket untuk terbang ke pulau tujuan. Pemain akan mendapatkan pengalaman (poin) jika berhasil menyaksikan festival yang sedang berlangsung di salah satu pulau di Indonesia. Game ini juga bisa kamu pesan lewat Tokopedia Galeri Board Game Indonesia ya.

Emak-Emak Matic

“Emak-emak bawa matic. Kalau belok, hanya dia dan Tuhan saja yang tahu.” pernah dengar lelucon tadi? Meskipun agak ‘ajaib’ tapi sepertinya bisa juga masuk ke daftar hal yang Indonesia banget. Karena tak bisa dipungkiri kalau emak-emak sudah naik sepeda motor matic, secara tak langsung akan jadi ratu jalanan. Nah, itu baru satu emak-emak ya. Bagaimana kalau ada lima orang ratu jalanan sekaligus?

game Indonesia

Tenang, tak perlu panik dan buru-buru berdoa karena kelima emak-emak tadi merupakan karakter dari board game yang dirilis Educa Studio. Dalam permainan ini, kamu akan berperan sebagai emak-emak yang punya misi berbeda-beda. Pilih kartu aksi yang tepat agar menjadi yang terdepan dan keluar sebagai juara. Emak-emak Matic juga bisa dipesan lewat Tokopedia Galeri Board Game Indonesia.

Ayo Main Board Game Indonesia di PlayTime Merdeka!

Eits, bagi kamu warga Bandung dan sekitarnya, bisa juga langsung mencoba kelima board game di atas, beserta board game Indonesia lainnya dalam acara PlayTime Merdeka yang diadakan tanggal 17 Agustus mendatang. Kunjungi tautan ini untuk informasi lebih lanjut ya.

You may also like