Prototype Day Buat Kreator Makin Semangat Merancang Board Game

Prototype Day Buat Kreator Makin Semangat Merancang Board Game

Bandung, (26/07). Prototype Day kembali baru saja dilangsungkan pada hari Jum’at lalu di PlaySpace by Boardgame.id, Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Masih sama seperti bulan sebelumnya, Prototype Day dibuka dengan sesi Bedah Board Game yang kala itu membahas hal-hal menarik dari card game Bohnanza buatan Uwe Rosenberg.

Baca juga: 4 Daya Tarik Bohnanza, Card Game Kacang Terlaris Sepanjang Masa [Bedah Board Game]

Tepat pada pukul 3 sore usai sesi Bedah Board Game, para kreator memperkenalkan diri sekaligus mengutarakan sedikit overview tentang purwarupa yang sedang Ia kembangkan. Kali ini Prototype Day dihadiri oleh tiga kreator. Mereka adalah Nomas Kurnia yang membawa Gemstone Story 2, Agus Anggarwanto dengan purwarupa Yissa, dan Aughya Shandriasi yang mengenalkan TetrominoX sekaligus kreator wanita pertama.

Para playtester menjajal TetrominoX buatan Aughya Shandriasti

Menariknya, beberapa playtester dalam Prototype Day 2 juga sebenarnya adalah kreator, atau setidaknya ingin menjadi kreator. Mereka mengaku ingin melihat-lihat dulu bagaimana proses sebuah playtest karena kesempatan seperti ini jarang mereka temukan.

“Prototype Day bagus karena bisa jadi ajang nyobain prototype, jadi makin semangat bikin (board) game, kalau bareng temen-temen mereka maunya main board game baru,” ujar Nomas.

Playtest memang sebuah proses yang sangat penting untuk mengujicoba rancangan board game kita sudah berjalan baik atau belum. Di saat playtest inilah teman-teman kreator biasanya akan melihat suatu keadaan atau kejadian yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan akan terjadi. Di sini pula kreator juga mendapatkan masukan serta kritik dari para playtester.

Ujicoba Yissa dalam Prototype Day 2
Agus Anggarwanto menjelaskan cara bermain Yissa

Menariknya, Agus yang merupakan kreator dari Yissa rela menghabiskan 7 jam perjalanan dari Brebes untuk bisa datang ke Bandung agar bisa mengujicobakan purwarupanya. Dan ini bukan pertama kalinya, Agus juga ikut serta dalam Prototype Day bulan Juni lalu.

Bedanya kini Ia datang dengan purwarupa Yissa yang sudah lebih disempurnakan dibanding bulan sebelumnya. Dengan kata lain, ada peningkatan. Agus memanfaatkan acara seperti ini untuk mendapatkan feedback sebanyak-banyaknya guna menghadirkan board game yang asyik dan tentunya seru.

Buat kamu yang sedang mengembangkan board game, daftarkan saja purwarupa mu ke Prototype Day. Yang boleh mendaftar tidak hanya kreator lho! Guru dan bahkan orang tua juga boleh, barang kali ada yang tertarik untuk mengembangkan game anak didik atau putra-putri mereka.

Jadwal Prototype Day selanjutnya jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019. Kamu juga bisa melihat jadwal kegiatan seru lainnya yang dilangsungkan di PlaySpace by Boardgame.id lewat halaman ini.

Dokumentasi selengkapnya bisa kamu lihat di Album yang terdapat pada Facebook Page Boardgame.id berikut ini:

You may also like