Persiapkan Board Game Terbaikmu untuk Dibawa ke SPIEL 2019

Persiapkan Board Game Terbaikmu untuk Dibawa ke SPIEL 2019

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bersama Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia (APIBGI) melalui program Archipelageek akan kembali berpartisipasi di ajang Essen Spiel 2019.

Merujuk kepada kesempatan itu, BEKRAF dan APIBGI ingin mengajak para kreator atau perancang board game lokal untuk bergabung meramaikan booth Indonesia di ajang Essen SPIEL 2019 dengan mendaftarkan karya-karya terbaiknya pada Open Call Essen SPIEL 2019 yang baru akan dibuka tanggal 12 Agustus 2019 mendatang.

Rapat finalisasi open submission
Meeting APIBGI untuk finalisasi program Archipelageek untuk SPIEL 2019 di kantor BEKRAF | Foto: Isa R. Akbar/BGID

Essen SPIEL sendiri adalah pameran board game berskala internasional yang diadakan setiap tahun sekali pada bulan Oktober di kota Essen, Jerman. Tahun lalu, Essen SPIEL 2018 berhasil mendatangkan 190.000 pengunjung dari berbagai negara. Dan kali ini merupakan tahun keempat di mana Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran megah bersama eskibitor-eksibitor dari 50 negara.

Nantinya, akan ada kurasi dari hasil open call yang akan dilakukan oleh APIBGI bersama BEKRAF. Menurut Andre Dubari selaku Ketua Umum APIBGI, para kreator yang lolos kurasi akan berkesempatan untuk diterbangkan ke Jerman mengikuti gelaran pameran Essen SPIEL 2019 sebagai wakil dari Indonesia.

Baca juga: Ramai! Booth Indonesia Diserbu Pengunjung di Hari Pertama SPIEL 2018

booth board game Indonesia
Booth Archipelageek di Essen SPIEL 2018 | Foto: Isa R. Akbar/BGID

Ini bisa menjadi kesempatan yang luar biasa. Selain menunjukkan kepada dunia bahwa industri board game di tanah air terus tumbuh, juga sekaligus untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia lewat media permainan papan.

“Harapannya, proses seperti ini dijalankan secara rutin dan bisa menjadi penyemangat bagi kreator board game Indonesia untuk terus berkarya”

Andre Dubari, Ketua Umum APIBGI

Nantikan berita selanjutnya hanya di Boardgame.id. Follow juga Instagram @boardgame.id dan @apibgi untuk kabar menarik lainnya.

You may also like