Yuk, Berkenalan Dengan Konservasi Lingkungan Lewat Kelima Board Game ini

Yuk, Berkenalan Dengan Konservasi Lingkungan Lewat Kelima Board Game ini

Sebagai penduduk terbesar bumi, manusia tentunya harus bertanggung jawab atas kelestarian flora dan fauna. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah konservasi atau perlindungan demi menjaga kelangsungan hidup suatu spesies. Kegiatan ini tentunya membutuhkan dukungan dari banyak orang, serta sosialisasi lewat banyak media seperti majalah, televisi, bahkan sampai yang unik: board game.

Baca Juga: Belajar Listrik dan Energi Lewat 5 Board Game ini

Nah, penasaran board game apa saja yang menyoroti tema konservasi dan lingkungan? berikut Boardgame.id telah merangkum lima di antaranya. Tak hanya board game luar negeri, ada juga karya anak bangsa yang mengambil tema perlindungan lingkungan lho.

Endangered

Game berjenis co-operative ini mengajak pemain melindungi kelestarian hewan langka. Uniknya, kamu harus memilih satu dari dua skenario jenis hewan yang ingin kamu lindung: harimau atau berang-berang laut. Lakukan pilihan aksi seperti mengurangi kerusakan hutan, mengabarkan pertumbuhan populasi, hingga mendatangi pemerintah untuk mendukung usaha kamu.

Konservasi
Endangered, board game tentang konservasi hewan langka

Berdurasi satu jam, dalam prosesnya game terbitan Grand Gamers Guild ini rupanya mendapat masukan dari kelompok konservasi Amerika bernama Center for Biological Diversity lho. Game ini sempat hadir di Kickstarter, dan baru akan rilis tahun 2020 nanti.

Darwin’s Choice

Setelah berjuta-juta tahun bumi tanpa penghuni, kehidupan para binatang akhirnya muncul. Namun dunia masih terus berubah dan tidak menentu. Hanya spesies yang bisa beradaptasi dengan perubahan yang mampy bertahan dan membuat sejarah. Itulah narasi singkat dari board game buatan Marc D√ľr,¬†Samuel Luterbacher,¬†Elio Reinschmidt berjudul Darwin’s Choice ini.

Konservasi

Dirilis oleh publisher asal Swiss, Treecer Games, ciptakan spesiesmu sendiri dengan memakai lebih dari 230 jenis kartu hewan yang ada. Dengan menempatkan spesiesmu dalam bioma yang sesuai, kamu akan mendapat poin. Sayangnya gamenya sendiri saat ini belum bisa didapatkan di Indonesia.

Eco-Links

Board game terbitan Korea Boardgames ini menantang pemain mempertemukan kembali sekelompok hewan yang terpisah. Skenario ini diwakili lewat papan kotak yang di tengahnya terdapat area untuk meletakkan tile jalan. Secara bersamaan, tempatkan tile jalan agar hewan-hewan ini saling terhubung. Hati-hati karena pemain tidak boleh menempatkan jalan keluar jika di titik tersebut tidak ada token binatangnya.

Konservasi

Baca Juga: Eco-Links: Berkutat Dengan Puzzle yang Menggemaskan [Review]

Didesain oleh G√ľnter Burkhardt, game berjenis puzzle ini hadir dengan visual yang menggemaskan. Eco-Links bisa didapatkan di Tokopedia seharga 540 ribu rupiah.

Ecofunopoly

Diterbitkan oleh Ecofun Indonesia, game ini memberi wawasan dan pengalaman baru tentang bagaimana cara menjaga lingkungan. Game ini memberi dua seri permainan yaitu seri emisi karbon dan seri mengenal sampah. Ecofunopoly Seri Emisi Karbon bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pemain mengenai jejak karbon yang dihasilkan oleh aktivitas sehari hari, serta dampaknya terhadap pemanasan global.

Sedangkan seri keduanya yaitu Ecofunopoly Seri Mengenal Sampah bertujuan meningkatkan kesadaran lingkungan para pemainnya. Tak lupa memberi informasi tentang mengenal jenis sampah serta memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Board game Ecofunopoly bisa didapatkan di PlaySpace by. Boardgame.id, atau dipesan lewat Tokopedia Galeri Boardgame Indonesia.

Aquatico

Datang dari penerbit Manikmaya Games, Aquatico mengajak pemain menelusuri berbagai ekosistem perairan, serta hewan yang hidup di habitat tersebut. Ada danau (ikan pora-pora), lahan basah (bekantan), sungai (pesut), hutan bakau (bangau bluwok), padang lamun (dugong), terumbu karang (ikan badut) dan laut dalam (paus biru). Nantinya pemain bertugas menjaga ekosistem agar tetap sehat dan bersih.

Baca Juga: Aquatico: Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan [Game of the Week]

Konservasi

Buat kamu yang tinggal di kota Bandung, kamu bisa membawa pulang Aquatico seharga Rp 200.000 secara langsung dengan mengunjungi Galeri Board Game Indonesia yang berada di PlaySpace by Boardgame.id di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Kalau kamu tinggal di luar kota, bisa juga memesannya lewat Galeri online kami di Tokopedia. Atau hubungi kami via Whatsapp melalui tautan berikut: http://bit.ly/salesbgid.

Selain Ecofunopoly dan Aquatico, masih ada banyak lho board game Indonesia yang lain. Yuk cari tahu informasi selengkapnya di halaman Katalog Board Game Indonesia.

You may also like