Kelas Game Design: Materi Bermanfaat Untuk Rancang Game Impian

Kelas Game Design: Materi Bermanfaat Untuk Rancang Game Impian

Bandung (24/8). Suasana ramai mendadak memenuhi PlaySpace by Boardgame.id yang bertempat di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Sejak pagi, banyak pengunjung berdatangan dari berbagai daerah. Rupanya mereka adalah peserta Kelas Game Design yang diadakan oleh Ludenara, lembaga non-profit yang fokus pada pendidikan.

Baca Juga: 5 Bekal yang Bisa Kamu Bawa Pulang Kalau Ikut Kelas Game Design

Ya, meskipun selama ini game kerap diartikan hanya sebagai media hiburan yang cenderung adiktif, menariknya kelas ini justru mengajak pesertanya untuk belajar membuat game sendiri. Diadakan selama dua hari, sesi ini didesain untuk membantu orang tua dan guru untuk mempu mengembangkan game sesuai dengan kebutuhan serta berbagai potensi yang dimiliki.

Kelas Game Design
Sesi materi oleh Eko Nugroho, game based-learning expert

Membuka kelas hari pertama, acara dibuka dengan sambutan dari Novie, Program Coordinator Ludenara dan Isa Akbar dari PlaySpace by. Boardgame.id. Dilanjutkan dengan materi berupa pemahaman tentang game serta seluk-beluk game design oleh pakar game based-learning sekaligus CEO Kummara Studio, Eko Nugroho.

Baca juga: Permainan Kartu Pokemon Sedang Marak, Bahaya Nggak Ya Untuk Anak?

Berlanjut setelah coffee break, masuk ke sesi presentasi oleh para peserta. Di sini peserta diminta untuk menceritakan berbagai game yang umum, serta melakukan modifikasi sederhana berdasarkan komponen game yang mereka ketahui tersebut. Dibagi dalam beberapa kelompok, peserta diajak mengembangkan ide mereka menjadi kerangka sebuah game baru.

Kelas Game Design

Baca Juga: Ketika Guru Berkolaborasi Membuat Board Game

Setelah makan siang, acara masuk pada sesi interaktif yaitu peserta mencoba card game berjudul Rantai Makanan. Game yang membantu anak-anak belajar ilmu biologi ini merupakan hasil rancangan para guru dari Kelas Game Design sesi sebelumnya lho. Setelah itu peserta mulai membuat konsep game yang ingin dikembangkan sebagai bekal untuk kelas di hari kedua.

Board game Rantai Makanan dulunya merupakan hasil board game terfavorit dari Kelas Game Design bulan Maret

Kelas Game Design: Kumpulkan Peserta Dari Seluruh Pulau Jawa

Baca juga: Seru! Belajar Biologi Rantai Makanan Lewat Board Game

Ditanya tentang keseruan acara ini, sebagian besar mengaku sudah menunggu-nunggu Kelas Game Design ini dibuka. Tak heran jika acara ini didatangi guru dan orang tua dari bermacam kota di Indonesia, mulai dari Bandung, Depok, Bogor, hingga Malang Jawa Timur!

Demikian liputan keseruan acara di hari pertama. Tenang, masih ada hari kedua yang lebih fokus pada pengembangan prototype dari konsep yang peserta buat. Untuk kamu yang tertarik dengan program berbasis game lainnya, bisa langsung mengunjungi situs Ludenara ini ya. Selain itu, kamu pun bisa menggelar acara-acara seperti seminar dan event di PlaySpace kami, klik tautan ini untuk detail lebih lanjut.

You may also like