Uji Kemampuan Kerjasamamu Dengan 5 Judul Board Game Co-operative Berikut ini

Uji Kemampuan Kerjasamamu Dengan 5 Judul Board Game Co-operative Berikut ini

Kalau kamu sering atau pernah bermain board game, setidaknya kamu pasti pernah mendengar kategori yang satu ini. Ya, jika biasanya kamu ditantang untuk menjadi yang terbaik, dalam co-operative board game pemain dituntut untuk bekerjasama untuk mencapai misi tertentu.

Baca Juga: Komunikasi Dengan Keluarga Terhambat? Main Board Game Dulu Aja Yuk

Dalam board game kooperatif, biasanya semua pemain dinyatakan menang jika ada satu pemain menang. Begitupun sebaliknya, jika satu orang kalah semuanya pun kalah. Mengutamakan kebersamaan dan team-work yang solid, wajar jika banyak nilai-nilai leadership yang bisa didapat dari jenis board game satu ini. Tema yang diangkat pun bermacam-macam, biasanya narasinya adalah kamu terjebak dalam suatu masalah yang harus diselesaikan bersama.

Dengan semakin banyak judul board game kooperatif yang hadir di pasaran, tentu saja Boardgame.id punya beberapa rekomendasi untuk pembaca semua. Berikut adalah lima judul co-operative board game yang menarik untuk dicoba.

Pandemic

Co-operative game yang sempat menjadi nominasi Spiel des Jahres 2009 ini mengajak pemain bekerja sama meracik obat penawar untuk virus mematikan yang mengancam dunia. Setiap putaran, pemain bisa mengambil hingga 4 aksi pilihan: mengunjungi kota, menyembuhkan populasi terinfeksi, meneliti obat atau membangun pusat riset.

Co-operative game
Pandemic juga hadir dalam beberapa ekspansi | BoardGameGeek

Dengan pilihan karakter berbeda, pemain harus bekerjasama membangun strategi dengan memanfaat kemampuan masing-masing. Kamu harus cepat karena penyakit yang kamu hadapi bisa menyebar dengan cepat. Jika kamu berhasil memusnahkan empat penyakit, seluruh pemain dinyatakan menang. Pandemic bisa kamu dapatkan di Tokopedia seharga Rp 645.000.

Forbidden Island

Co-operative game

Didesain oleh Matt Leacock yang juga merancang Pandemic, pemain secara bergantian akan memindahkan pion antar pulau yang tersusun dari sejumlah tile. Selama permainan berlangsung, tingkat air di sekeliling pulau akan terus naik dan menyebabkan banyak pulau ‘tenggelam’ Objektif permainan ini adalah menjaga sebanyak mungkin pulau-pulau tersebut tetap pada tempatnya.

Berdurasi 30 menit, board game ini bisa dimainkan oleh 2-4 pemain usia 10 tahun ke atas. Forbidden Island dijual seharga Rp 460.000 dan sudah bisa didapatkan di Tokopedia.

Flash Point: Fire Rescue

“Kebakaran!” seseorang menghubungimu lewat nomor telepon darurat. Sebagai petugas pemadam kebakaran, kamu pun bergegas datang ke lokasi kejadian dan segera bersiap menyelamatkan korban. Dalam game rancangan Kevin Lanzing ini pemain harus bekerjasama menyelamatkan tujuh dari sepuluh korban yang terjebak dalam kebakaran tersebut.

Co-operative game

Setiap putaran pemain bisa memilih aksi seperti memadamkan api, memindahkan korban atau bahkan menggunakan kendaraan darurat. Waspadalah karena jika ada empat korban yang tidak selamat atau ada bangunan yang hancur, seluruh pemain akan kalah dari permainan ini. Flash Point: Fire Rescue dibanderol sebesar Rp 645.000, bisa kamu beli di Tokopedia ya.

Magic Maze

Sama seperti Pandemic, co-operative game ini juga pernah dinominasikan ke dalam Spiel des Jahres tepatnya tahun 2017 lalu. Magic Maze menantang pemain dengan gameplay yang menarik dimana kamu dan teman-teman harus bekerjasama mengumpulkan sejumlah item di sebuah ruangan mirip pusat perbelanjaan. Kamu bisa berpindah tempat dengan menggerakkan pion warna-warni yang tersedia.

Itu saja? Oh jelas tidak, karena kalian harus menyelesaikan misi hanya dalam tiga menit yang ditandai oleh sebuah jam pasir kecil. Ditambah kamu dan pemain lain juga tidak boleh berkomunikasi satu sama lain! Ya, meskipun para pemain harus bekerja tapi mereka sama sekali tidak diperkenanan untuk mengobrol. Inilah yang membuat game ini terasa seru dan heboh. Kamu bisa membeli game ini di Tokopedia seharga 535 ribu rupiah.

The Mind

Komponen co-operative game ini memang hanya berisi seratus kartu angka, yang berurutan dari 1 hingga 100. Namun siapa sangka game ini akan membuat syaraf-syaraf di otakmu berdenyut. Tujuan dari game ini adalah memainkan kartu dari angka kecil ke besar. Masalahnya, saat memainkan kartu pemain dilarang saling berkomunikasi, atau memberikan petunjuk.

Nantinya setiap pemain akan mendapat kartu di tangan yang jumlahnya sesuai level yang dihadapi. Satu per satu nyawa akan hilang saat ada pemain yang memiliki kartu lebih rendah dari yang sudah dikumpulkan di tengah. Didesain oleh Wolfgang Warsch, game ini ini juga pernah masuk dalam nominasi InnoSpiel 2018 lho. The Mind dijual seharga Rp 215.000 dan sudah bisa dibeli di Tokopedia.

Aquatico

Hadir sebagai board game yang mengenalkan aneka ekosistem air, pemain ditantang untuk mengembangkan ekosistem perairan di Indonesia. Beberapa sektor perairan yang harus dijaga antara lain Padang Lamun, Lahan Basah, Laut Dalam, Danau, Sungai, Hutan Bakau dan Terumbu Karang. Bergaya domino, pemain berusaha mencetak angka ekosistem sebesar mungkin.

Menariknya, game ini rupanya juga memiliki mode kooperatif di dalamnya. Ya, meskipun kelihatannya pemain berlomba mendapat poin tertinggi namun pemain sejatinya bekerjasama untuk mencegah agar tidak ada lingkungan yang tercemar.

peduli lingkungan lewat Aquatico
Bekerjasama mencegah lingkungan agar tidak tercemar | Boardgame.id

Buat kamu yang tinggal di kota Bandung, kamu bisa menebus Aquatico card game seharga Rp 200.000 secara langsung dengan mengunjungi Galeri Board Game Indonesia yang berada di PlaySpace by Boardgame.id di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Kalau kamu tinggal di luar kota, bisa juga memesannya lewat Galeri online kami di Tokopedia. Bisa juga hubungi kami via Whatsapp melalui tautan berikut: http://bit.ly/salesbgid.

Selain Aquatico, masih ada banyak lho board game Indonesia yang lain. Yuk cari tahu informasi selengkapnya di halaman Katalog Board Game Indonesia.

Oiya, semua judul board game di atas bisa kamu coba mainkan juga di PlayTime Teamwork tanggal 28 September besok di Bandung! Informasi selengkapnya: PlayTime Teamwork

You may also like