Bisa Dimainkan di Rumah! Linimasa Bawa Kisah 25 Nabi dan Rasul Jadi Card Game

Bisa Dimainkan di Rumah! Linimasa Bawa Kisah 25 Nabi dan Rasul Jadi Card Game

Mechanimotion Entertainment kembali meneruskan seri Linimasa dengan edisi terbarunya menyusul edisi Sejarah Kemerdekaan dan juga S.T.E.A.M. Berjudul “Linimasa: 25 Nabi dan Rasul”, tema yang dibawa kali ini tidak lain adalah cerita atau kisah dari 25 Nabi dan Rasul dalam Islam.

Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan alur atau linimasa sejarah 25 Nabi dan Rasul dengan cara yang lebih menyenangkan dimainkan selama #dirumahaja. Apa saja yang baru dalam edisi ini? Apa bedanya dengan dua kakaknya?

Yang pertama adalah urutan peristiwa tidak hanya secara horizontal atau ke samping tetapi juga vertikal alias di atas atau di bawah kartu yang sudah ada. Hal ini dapat dilakukan jika peristiwa yang berkaitan terjadi pada nabi atau rasul yang sama. Jika di letakkan di atas kartu artinya peristiwa terjadi lebih dulu, otomatis bila peristiwa diletakkan dibawah maka terjadi setelah kartu peristiwa yang sudah ada.

linimasa 25 nabi dan rasul
Peristiwa sekarang tidak hanya ke samping tapi bisa juga diletakkan di atas atau di bawah kartu peristiwa yang sudah ada.

Kedua, ukuran kartu kali ini menggunakan kartu seukuran board Dixit (80mm x 120mm) yang membuatnya lebih besar dari ukuran 2 kartu pada edisi sebelumnya. Menariknya lagi, semua kartu Linimasa: 25 Nabi dan Rasul dilapisi laminasi doff agar lebih tahan lama dan tidak memantulkan cahaya.

Yang ketiga, ada sistem skoring dalam 3 babak berdasarkan token poin yang tersisa dari setiap pemain.

“Hal ini untuk memunculkan semangat belajar dan berkompetisi yang sehat di antara pemain,” Ujar Adhicipta R. Wirawan selaku perancang seri card game Linimasa.

Selanjutnya, kalau di seri pendahulunya ada tiga mode variasi permainan, di edisi kali ini hanya terdiri dari 1 variasi permainan saja. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi cocok-mencocokkan kartu peristiwa dengan cocok.

“Salah satu pertimbangan utama karena dalam Islam tidak memperkenankan menampilkan sosok wajah dari para nabi dan rasul,” Ungkap Adhicipta.

Untuk cara bermainnya mari simak video tutorial dari Linimasa Edisi 25 Nabi dan Rasul:

Oiya, edisi baru yang identik dengan box warna hijau ini tidak mengikuti jejak kedua kakaknya yang dirilis memanfaatkan sistem galang dana. Produksi edisi terbaru mendapat bantuan dana dari pihak BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) pada tahun 2019 lalu. Linimasa card game dinilai pantas dan memiliki unsur edukasi yang sangat tinggi seperti yang disampaikan pihak BEKRAF yang kini telah melebur dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF).

Linimasa sendiri telah diuji melalui “Class Action Research” pada tahun 2017 oleh Laksmi Puspitowardhani saat menempuh program Magister Psikologi di Universitas Airlangga. Hasilnya adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar serta literasi siswa dengan menggunakan permainan kartu Linimasa. Permainan ini juga dapat digunakan sebagai alat peraga dan pendamping bagi kelas 6 SD sesuai materi tematik Tokoh & Penemuan Kurikulum 2013 (kurtilas).

Ukuran kartu lebih besar

Dapatkan semua seri Linimasa mulai dari Linimasa Sejarah Kemerdekaan, Linimasa S.T.E.A.M dan Linimasa 25 Nabi & Rasul hanya di Boardgame.id. Segera kunjungi halaman katalog berikut untuk pemesanan secara online:

You may also like