Cetak Sendiri di Rumah: Jurasicco & Kingdom Maps [CTRL+P]

Cetak Sendiri di Rumah: Jurasicco & Kingdom Maps [CTRL+P]

Boardgame mengalami perkembangan yang sangat drastis beberapa tahun ke belakang, baik dari jumlah rilis juga dari segi beragamnya jenis dan tema yang muncul di pasaran setiap waktunya. Di masa pandemi seperti ini, boardgame menjadi teman yang baik untuk keluarga bermain bersama. Di antara boardgame yang dijual di pasaran ada juga lho yang bisa didapatkan dengan gratis.

Baca juga: Bosan? Mainkan Boardgame Gratis di 8 Situs ini!
Baca juga: Masih Bosan? Cek Puluhan Boardgame Online Lainnya di Sini!

Ya, gratis dengan memanfaatkan metode print and play (PnP)? Sekelompok orang yang senang membuat dan mengembangkan game, kemudian dirilis secara digital dan cetak sendiri untuk dimainkan. PnP menjadi jalan untuk menemukan permainan baru yang sederhana dengan cara mudah. Atau sekedar mengamini kultur DIY (do it yourself).

PnP tidak dapat dipisahkan pada peta keseluruhan boardgame hari ini. Segmen CTRL+P akan menyelami dan mencicipi berbagai macam permainan yang tidak cukup populer tapi cukup untuk memuaskan dahaga akan pengalaman baru. Hanya bermodal printer dan kertas PnP bisa menjadi memori kecil yang menyenangkan.

Ada dua permainan yang ingin saya kenalkan di segmen CTRL+P perdana ini.

Jurassico

cetak Jurasicco
Cetak kertasnya lalu kocok dadunya dan kalahkan Embryonic Inc.

Jurassico menempatkan pemain sebagai seorang ilmuwan yang direkrut oleh sebuah perusahaan pengembang DNA dinosaurus. Berlomba dengan perusahaan kompetitor bernama Embryonic Inc. Permainan ini didesain oleh Danny Devine untuk kontes Roll and Write GenCan’t 2017.

Permainan ini membutuhkan 5 dadu d6 dengan warna yang berbeda yaitu putih, biru, kuning, hijau dan merah. Kita memulai dengan selembar kertas dengan kolom berisi angka yang memiliki pola yang berbeda satu sama lain. Misalnya, putih dengan 2, 3, 4, 5, 6, 7, kuning dengan 12, 11, 10, 9, 8, 7, dst. Tugas kita adalah melengkapi setiap kolom warna sebelum Embryonic inc.

Cara bermainnya sangat sederhana:

  • Kocok 5 dadu
  • Pilih 2 dadu dengan warna tertentu
  • Jumlahkan angkanya untuk kemudian mengisi angka tersebut pada kolom yang sesuai dengan warna salah satu dadu.
  • Jika berhasil, kita mampu mengisi 2 kolom menggunakan 4 dadu.
  • Satu dadu yang tersisa kemudian digunakan oleh Embryonic Inc. untuk mengisi kolom khusus yang telah disediakan.

Layaknya permainan dadu pada umumnya, Jurassico juga memberikan kita kemampuan unik yang diberi nama Splice Lab Abilities. Ada 3 kemampuan yang diberikan yaitu:

  • Frog DNA untuk menambah atau mengurangi 1 angka pada hasil dadu, misalnya 6 menjadi 1 atau 5.
  • Chameleon DNA untuk mengubah warna dadu.
  • Turtle DNA untuk membalik dadu, misalnya 5 menjadi 2.
  • Masing-masing kemampuan ini dapat kita gunakan 2 kali untuk setiap warna dadu.

Dengan 3 tingkat kesulitan, permainan ini secara sederhana memberikan kita tantangan untuk menentukan dadu mana yang akan kita gunakan dan dadu mana yang akan kita berikan pada Embryonic Inc., sebuah keputusan yang mudah pada awal permainan, dan menjadi semakin rumit menjelang akhir permainan.

Jurasicco bisa dimainkan untuk 1-4 pemain mulai usia 8 tahun ke atas dengan durasi 15-30 menit saja dalam sekali main. Unduh aturan dan cetak permainannya di: https://www.adventuresingameschooling.com/jurassico/

Kingdom Maps (Los Mapas del Reino)

Peta seperti apa yang akan kalian berikan pada raja?

Kamu dan beberapa pemain lain ditugaskan untuk membuat peta kerajaan. Dari pemukiman, perbukitan, pegunungan, hingga kastil di mana para bangsawan menikmati hidup mereka masing-masing. Permainan ini didesain oleh Martin Oddino.

Kingdom Maps secara sederhana adalah “Dice Cartographers”. Secara mekanik dan aturan, game ini sangat mirip dengan Cartographers yang beberapa waktu lalu masuk dalam nominasi board game terbaik versi Kennerspiel des Jahres. Mulai dari cara menentukan scoring system, hingga tema permainan.

Yang menarik pada Kingdom Maps adalah bagaimana kita sebagai pemain dapat menentukan pola masing-masing medan sebelum bermain. Entah menggunakan warna-warna tertentu atau bentuk-bentuk yang lebih spesifik untuk kemudian digambar pada peta utama. Dengan mekanik ini, Kingdom Maps dapat berubah dari sekedar mengumpulkan angka sebanyak mungkin menjadi membuat peta yang seindah mungkin. Sebuah pengalaman yang meditatif buat sebagian orang.

Kingdom Maps pun bisa dimainkan sendirian atau maksimal 4 pemain dengan minimal usia 10 tahun. Hanya membutuhkan waktu 20-45 menit untuk menyelesaikan permainan. Unduh aturan dan cetak permainannya di: https://www.rundosstudio.com/mapasdelreino (scroll ke bawah sampai ketemu tombol: English – Free Download).

Yuk segera cetak sendiri dan mainkan bersama orang rumah!

Tim editor: Isa Rachmad Akbar

You may also like