Mainkan Gratis di Rumah: Alone Among the Stars, Jelajah Galaksi Kaya Cerita [CTRL+P]

Mainkan Gratis di Rumah: Alone Among the Stars, Jelajah Galaksi Kaya Cerita [CTRL+P]

Pada segmen CTRL+P kali ini, saya akan memperkenalkan sebuah permainan RPG (role-playing game), narrative-driven atau story-telling game. Kamu hampir tidak perlu mencetak apapun untuk dapat memainkan permainan ini. Alone Among the Stars hanya membutuhkan sebuah dadu bersisi 6, satu set kartu remi, sebuah alat tulis, dan jurnal untuk menuliskan perjalananmu menjelajahi angkasa yang tak berbatas. Buku aturannya sendiri hanya 4 halaman. Alone Among the Stars didesain oleh Takuma Okada untuk satu pemain dan dapat di unduh gratis pada website Itch.io (petunjuknya lihat di bawah).

Alone Among the Stars mengajak kamu menjadi seorang petualang, mengelilingi galaksi dari satu planet ke planet lain seorang diri. Kamu akan bertemu dengan banyak hal di tengah perjalanan, mulai dari makhluk lain yang mengancam, tanaman beracun yang memabukkan, hingga reruntuhan peradaban asing.

Setiap pertemuan itu akan ditentukan oleh dadu dan kartu. Namun, tidak ada resolusi terhadap peristiwa yang terjadi seperti halnya dalam kebanyakan permainan RPG lainnya. Semua yang terjadi dan bagaimana hal itu berakhir adalah keputusanmu sebagai pemain dan bagaimana kamu menginterpretasikannya ke dalam jurnalmu.

Alone Among the Stars

Pengalaman apa yang ingin kamu tuliskan di dalam jurnalmu, apa yang kamu ingin ingat pada perjalanan itu, mungkin saja rasa, gambaran, aroma atau apa saja yang kamu inginkan. Bahkan kamu dapat membakar jurnalmu jika perjalanan itu ternyata tidak menyenangkan.

“Play until you are tired, and want to return home. If you want to remember your travels, save the journal. If the memories bring you pain, burn it.”

Takuma Okada

Walaupun permainan ini aslinya dirancang untuk dimainkan sendirian dan dicatat dalam bentuk jurnal tulisan, ada sangat banyak ruang untuk melakukan modifikasi sederhana, misalnya menambahkan satu pemain lain menjadi co-pilot/scout untuk berimajinasi bersama dan merekam suara sebagai pengganti jurnal tulisan tadi. Bahkan kamu dapat menemukan banyak hack/retheme dari Alone Among the Stars yang dibuat oleh fans, dan dikumpulkan oleh Takuma Okada sendiri dan diberi judul Alone at the Table.

Permainan ini cocok untuk dimainkan sebelum menutup hari, dengan minuman dan musik pilihanmu untuk membangun suasana perjalanan yang kamu inginkan. Mungkin malah bisa menjadi sebuah dongeng nina bobo untuk anak-anak kita.

Alone Among the Stars dapat diunduh di: https://noroadhome.itch.io/alone-among-the-stars
Sedangkan tema buatan fans alias Alone at the Table dapat diakses di: https://itch.io/c/486917/alone-at-the-table
UPDATE! Rupanya sang perancang juga sudah menyediakan versi duet alias untuk dua pemain dengan judul Together Among the Stars, cek langsung di: https://noroadhome.itch.io/together-among-the-stars

Sembari meyakinkan diri ingin mencobanya atau tidak, kamu bisa mendengarkan cara bermainnya di video di bawah ini:

Catatan perjalanan Alone Among the Stars versi penulis

Song Playing: The Caretaker’s – An Empty Bliss Beyond This World

Planet 1 – Desert of Ku: The Dancing Mushrooms

It is a desert plain, almost nothing I can see on the horizon. The image from an old movie struck me, is it planet Pluke that I am landing on? I walk a little bit towards nothing, not too far from my ship, then I realized there are tiny-tiny mushroom-like plant on the ground beneath me, covering all over the ground, it is tickling my feet, makes me wanna dance…….. or is it asking me to dance?

Planet 2 – Sizzling cold and Marshmallow

On a glacier, a horrendous cold;

A sudden realization of melancholy;

Laying in a beach under the sun;

The voices;

Hot beverage;

The image of my origin planet;

But I am on a glacier, far away, in an unknown land. It is far bigger than me, bigger than so-called civilization of human being can even handle, it is a ruin, yet it is a little fragment of something that can never be discovered.

Planet 3 – A Wise Figure on the Cliff

Finally, a human (or at least look like one), sitting on top of a cliff. I approached him slowly, trying to be as civil as I can be but not too sneaky. As I was closer, I slowly lose my control not to go faster and before I realized, I already running towards him, trying to jump on him and in a literal slow motion he turned around, look me in the eyes and smile while I was jumping on the air, he disappeared and I couldn’t stop myself not to fall from the cliff, I thought It is gonna be the end, but then everything still in slow motion, I was falling, I am falling, in the never-ending abyss, slowly.

Penyunting Akhir: Isa R. Akbar

You may also like