5 Board Game Seru Bertema Kucing

5 Board Game Seru Bertema Kucing

Meooooong~~

Suara si manis berkumis ini memang selalu menarik perhatian. Meskipun kadang-kadang tingkahnya bisa menyebalkan, dan kerjaannya hanya malas-malasan sepanjang hari, hampir semua orang pasti tidak tahan dengan keimutan kucing. Sampai-sampai ada banyak sekali karakter kartun berbentuk kucing yang laris di pasaran, seperti Doraemon dan Hello Kitty.

Tapi tidak sampai di situ saja, karena gemasnya kucing juga bisa ditemukan dalam board game lho! Ya, rupanya cukup banyak board game yang mengangkat kucing sebagai tema cerita. Dengan karakter yang menggemaskan, sejumlah game bertema kucing ini tentu banyak menarik perhatian orang, bahkan beberapa bisa dimainkan oleh anak-anak. Yuk kenalan dengan lima judul di antaranya.

Cat Lady

Bertemu wanita elegan, sudah biasa. Bagaimana dengan pecinta kucing-kucing elegan di Eropa abad ke-18? bisa kamu temui dalam board game berjudul Cat Lady. Dalam game ini pemain adalah penduduk pecinta kucing elit yang hidup bersama Marie Antoinette dan Ernest Hemingway. Selama bermain kamu harus mengumpulkan mainan, makanan, kostum untuk menyenangkan kucing-kucing peliharaanmu. Tapi hati-hati ya, pastikan kamu mempunyai cukup makanan untuk para kucing, atau si pus lapar ini akan memakan poinmu. Pemain dengan total poin tertinggi akan menjadi pemenangnya.

Dirancang oleh Josh Wood, game ini telah dirilis oleh AEG pada tahun 2017 lalu. Cat Lady bisa didapatkan di Tokopedia seharga Rp480.000

Island of Cats

board game kucing
Isle of Cats | sumber: BoardGameGeek

Ingin bermain puzzle dengan tema kucing? mainkan saja board game ini. Dirilis oleh publisher The City of Games, ceritanya pemain adalah penduduk Squalls End yang mendapat misi menyelamatkan kucing di Isle of Cats (pulau kucing). Kumpulkan hewan berbulu ini sebanyak mungkin sebelum si jahat Lord Vesh sampai ke lokasi. Setiap kucing diwakili oleh sejumlah tile unik berbentuk polyomino dengan karakter dan warna berbeda. Oh ya, mereka juga harus muat di dalam kapalmu ya.

Calico

Didesain oleh Kevin Russ dan dirilis oleh Flatout Games, ceritanya pemain berlomba untuk menjahit selimut berbahan quilt untuk kucing-kucing yang lucu. Pemain yang berhasil membuat kelompok warna yang sama bisa menambah kancing. Jika kamu berhasil membuat kombinasi pola yang menarik, kucing akan datang dan tidur di atas selimut buatanmu!

board game kucing

Secara garis besar, game ini cukup mirip dengan Azul yang juga mengajak pemain menyusun corak dan warna untuk mendapat poin. Ilustrasi super lucu dengan sampul kucing tabby berwarna oranye juga datang dari ilustrator populer, Beth Sobel yang telah banyak bergabung di beberapa project board game terlaris seperti Wingspan dan Between Two Cities.

Exploding Kittens

Board game bertema kucing, nyatanya tidak hanya bisa dikenal sebagai permainan yang menggemaskan. Bisa juga jadi game yang “menyebalkan” seperti yang satu ini. Game ini dirancang oleh Matthew Inman, yang terkenal dengan website komiknya The Oatmeal. Kemudian bergabung juga Elan Lee dan Shane Small di kursi designer. Hebatnya game ini juga sempat merajai Kickstarter di tahun 2015, dengan kumpulan dana sebesar USD 3 juta atau 43 milyar rupiah!

board game kucing

Cara bermainnya sederhana saja; pemain secara bergiliran mengambil kartu dari dek di tengah. Terus begitu sampai ada pemain yang mengambil kartu bom kucing, dan BOOM! pemain tersebut meledak dan keluar dari permainan. Tapi tenang, dalam dek kartu juga ada kartu aksi yang bisa membantumu menyusun strategi. Beberapa kartu aksi yaitu mengintip dek kartu, mencuri kartu pemain lain, atau memaksa pemain lain mengambil dua kartu.

Math Cat

Tak hanya game luar, game asli Indonesia juga ada lho yang bertema kucing. Kalau kamu lihat dari judulnya, game ini mengajak bermain dan belajar matematika bersama dengan kucing-kucing lucu yang menggemaskan. Ceritanya di sini banyak kucing lucu yang siap diadopsi, tetapi kucing-kucing ini hanya tertarik kepada orang yang membawa barang kesukaan mereka. Dalam game ini pemain menarik perhatian mereka dengan cara memberi umpan-umpan dengan angka tertentu.

Baca Juga: Math Cat, Dapatkan Perhatian Si Kucing Dengan Belajar Berhitung

board game kucing

Jika total angka dari kartu-kartu Umpan sesuai angka kemauan si kucing, maka Kartu Kucing, dapat diambil dan menjadi 1 poin. Untuk membuat total yang sama dengan angka kucing, kamu harus bisa mengkalkulaskan kartu-kartu umpan menggunakan operasi hitung: Tambah, Kurang, Kali, atau bagi. Game ini juga memberi dua mode yaitu mode santai dan mode cepat.

Board Game Asli Nusantara? Carinya di Galeri Board Game Indonesia!

Selain board game di atas, ada juga lho aneka board game karya anak bangsa yang tak kalah seru! Temukan berbagai judul board game asli Indonesia di Katalog Online kami. Produk yang tersedia bisa kamu dapatkan melalui toko kami di Tokopedia maupun pemesanan langsung via WhatsApp. Yuk, buruan pesan!

You may also like