Atlas dan Globe? Nggak Jaman! Sekarang Waktunya Belajar Geografi Pakai Board Game [Kickstarter Corner]

Atlas dan Globe? Nggak Jaman! Sekarang Waktunya Belajar Geografi Pakai Board Game [Kickstarter Corner]

Tahukah kamu kalau masih banyak orang yang keliru tentang lambang bendera-bendera negara terkenal di dunia? Meskipun tidak selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, belajar geografi itu penting. Selain dapat lebih mengenal seluk-beluk bumi, kita juga bisa menemukan banyak fakta menarik tentang berbagai negara lewat pelajaran ini. Nah, jika selama ini kita belajar geografi dengan atlas dan globe, sebentar lagi kita juga bisa mengenal bumi lewat board game lho!

Baca Juga: Asyik, Naik Kereta di Jepang dan Italia Lewat Dua Peta Baru Ticket to Ride!

The World Game, Belajar Geografi Seasik Main Game

Berjudul The World Game: Fun Geography Board Game, dalam game ini pemain akan ditantang untuk berlomba keliling dunia. Kamu akan menjadi pemenang jika menjadi orang pertama yang melewati garis finish di papan permainan. Setiap putaran setiap pemain akan mengambil kartu dari dek. Selanjutnya secara bergantian mereka harus melempar dadu dan memilih aksi. Ada satu dari dua aksi yang bisa dipilih, yaitu: Fact (menyebutkan fakta di salah satu kartu negara) atau Challenge (meminta tantangan dari pemain lain).

The World Game: Fun Geography Board Game

Jika seorang pemain memilih Fact untuk aksinya, dia harus menyebutkan satu fakta yang tertera di kartu negara di tangan. Misalnya jumlah populasi. Kemudian semua pemain lain harus membuka kartu dan memperlihatkan jumlah populasi kartu negara mereka. Pemain yang memiliki kartu dengan jumlah populasi tertinggi akan menang dan berhak maju sejumlah langkah yang ditentukan oleh dadu. Tenang, ada fakta menarik lain yang bisa digunakan seperti area, pendapatan perkapita, puncak tertinggi dan negara tetangga.

Bagaimana jika pemain tersebut memilih opsi Challenge? untuk yang satu ini, tantangan akan diberikan oleh pemain di sebelah kiri pemain aktif. Seperti mode Fact, di sini juga ada bermacam tantangan dengan level kesulitan berbeda, mulai dari tebak-tebakan benua, bendera, lokasi di peta dan nama ibukota. Jika pemain aktif menjawab benar, pionnya bisa maju sejumlah nilai dadu. Jika ia tidak tahu, tantangan akan dioper ke pemain lainnya. Oh ya, pemain yang memberi tantangan juga bisa maju jika tidak ada pemain yang menjawab benar lho.

Pemain menggerakkan bidak dan menuju garis finish secepat mungkin | Source: The World Game

Wah, Rupanya Datang dari Penggemar Traveling!

Datang dari sekelompok traveler dan penggemar geografi bernama The World Game, board game ini menawarkan permainan edukasi yang fokus pada pengenalan geografi untuk semua kalangan. Ide menciptakan game ini bermula dari penemuan sang desainer tentang sebuah survei National Geographic yang menyatakan pengetahuan tentang geografi di Amerika Serikat menunjukkan angka yang memprihatinkan.

“Sekitar 11 persen dari penduduk muda di AS bahkan tidak bisa menunjukkan letak negara mereka sendiri (Amerika Serikat) di peta.” jelas Nikola Cvetkovic, Director of Marketing The World Game dilansir dari press release resmi mereka.

Bisa dimainkan oleh 2-5 orang, game ini sebenarnya sudah pernah rilis di tahun 2018 lalu dengan judul yang sama. Saat ini game tersebut bisa didapatkan di Amazon. Nah, untuk edisi terbarunya, The World Game masih menyelenggarakan campaign di Kickstarter dengan 17 hari lagi menuju penutupan. Sejauh ini mereka berhasil mengumpulkan $17.549 atau 248 juta rupiah dari 379 pendukung.

Gimana, tertarik belajar geografi seru dengan board game ini? siapkan dulu $78 atau 1,1 juta rupiah untuk membawanya pulang, sudah termasuk ongkos pengiriman ke Indonesia ya.

Sumber: The World Game Kickstarter

You may also like