Aroma, Belajar Mengenali 20 Minyak Asiri Melalui Board Game [Kickstarter Corner]

Aroma, Belajar Mengenali 20 Minyak Asiri Melalui Board Game [Kickstarter Corner]

Board game yang dilengkapi dengan komponen-komponen dari kayu ataupun miniatur dari plastik tentu sudah biasa, tapi bagaimana dengan board game yang memanfaatkan minyak asiri sebagai komponen utamanya. Ya! Berjudul Aroma, board game ini memasukkan 20 botol minyak asiri di dalamya.

Di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa tempat penyulingan yang menghasilkan minyak asiri. Menurut Dewan Atsiri Indonesia, ada 40 jenis minyak asiri Indonesia yang diperdagangkan di dunia, sekitar 12 diantaranya telah diekspor ke pasar dunia.

Empat kategori aroma dengan empat mode cara main

Aroma dirancang oleh Odd Hackwelder dari Hacko Games yang kali ini bekerja sama dengan Organic Aromas. Board game ini menantang hidung para pemain untuk mencium dan mencari tahu nama dari sebuah wang-wangian. Dibekali dengan 20 botol minyak asiri natural, semuanya merupakan hasil esktrak yang berasal dari bunga, pepohonan, tumbuhan dan citrus. Oleh karenanya, permainan ini pun terbagi menjadi empat kategori sesuai kelompoknya: Bunga, Pohon, Tumbuhan dan Citrus.

Aroma bisa dimainkan untuk empat orang dengan empat mode permainan. Setiap mode dimainkan dengan cara berbeda dan memiliki objektif yang berbeda pula, di antaranya:

  • Collect, meminta pemain mencari minyak yang masuk dalam kategorinya sendiri,
  • Discover, bertujuan mengidentifikasi lima aroma lebih dulu dari pemain lainnya
  • Revolve, bersama-sama mencari tahu nama aroma yang sama
  • Survive, menjadi pemain terakhir yang masih bertahan hingga akhir permainan

Baca juga: Aroma: Menguji Indra Penciuman [Review]

Bisa dikirim ke Indonesia

Hingga tanggal 11 Desember mendatang, Organic Aromas tengah menggalang dana di Kickstarter dan membutuhkan dana $1.800 atau sekitar 25 juta rupiah untuk mewujudkan board game Aroma. Sayangnya pandemi Covid-19 membuat beberapa negara berpikir dua kali untuk mengekspor ataupun mengimpor barang dari luar negeri. Akibatnya, Aroma hanya bisa dikirim ke negara-negara tertentu. Tapi jangan khawatir, dilansir melalui situs resmi Organic Aromas menyatakan Indonesia termasuk negara yang bisa menerima kiriman board game Aroma.

Aroma bisa didapatkan jika pembaca menyumbang dana sebesar Rp530.000. Harga tersebut sudah termasuk karena harga pasarannya nanti akan jatuh di angka Rp850.000. Sedangkan ongkor kirim ke Indonesia juga tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp170.000, atau total Rp700.000 saja dan ingat, hanya berlaku selama masa kampanyenya di Kickstarter masih berlangsung.

Masih galau mau mendukung Aroma atau tidak? Mungkin ulasan tentang Aroma dari kami bisa dijadikan pertimbagan: Aroma: Menguji Indra Penciuman [Review]
Dukung dan dapatkan board game Aroma di halaman Kickstarter berikut: Aroma: A Game of Essence by Organic Aroma Games — Kickstarter

You may also like