Mainkan Bersama Keluarga! Situs Ini Sediakan Board Game Gratis

Mainkan Bersama Keluarga! Situs Ini Sediakan Board Game Gratis

Di balik sebuah pandemi, pasti ada hikmahnya. Salah satunya mungkin memaksa keluarga untuk lebih kerap berkumpul di rumah. Hal ini menjadi positif apalagi untuk keluarga yang jarang memiliki waktu bersama. Agar lebih mempererat bonding dan quality time di dalam keluarga, bermain board game adalah salah satu kuncinya. Di saat yang tepat, situs Bermaindirumah.com hadir untuk memberikan beragam pilihan board game gratis dari para kreator Indonesia untuk dimainkan di rumah bersama anggota keluarga sebagai gerakan #bermaindirumah.

Gerakan #bermaindirumah dipromotori oleh Erwin Skripsiadi, seorang Ayah sekaligus juga CEO Hompimpa Books and Games yang tahun ini juga menerbitkan board game Math Cat dan Veggie Colors. Menurutnya, board game dan card game merupakan sebuah media bonding untuk meningkatkan ikatan emosional yang kuat antar anggota keluarga. Sebab, board game maupun card game makin seru bila dimainkan bersama.

Baca juga: Komite Penanganan COVID-19 Anjurkan Main Board Game #DiRumahAja

Untuk keluarga Indonesia

“Sehabis makan malam, bapak, ibu, dan anak-anak, main bareng sembari ngobrol kan lebih seru ketimbang main hp sendiri-sendiri,” kata Erwin Skripsiadi.

Erwin juga mengatakan, para game desainer Indonesia memiliki mimpi besar, board game dancard game karya mereka bisa masuk ke ruang tengah keluarga di Indonesia. Bermain bersama keluarga sudah lama budaya di negara-negara maju, terutama di Jerman.

Meski industri board game Indonesia sudah “kick-off” dari tahun 2015, tapi bermain bersama belum menjadi rutinitas keluarga. Itulah mengapa permainan yang ada di situs bermaindirumah.com didesain ke arah family game agar bisa dinikmati oleh banyak keluarga di Indoneisa. Salah satu syarat family game tentu dapat dimainkan oleh satu keluarga dengan anak usia minimal 7 tahun hingga orang dewasa.

Erwin Skripsiadi (Juara II) pada Board Game Challenge 2015 yang menjadi kick-off meledaknya industri board game di Indonesia.

“Jadi memang target kami selain tema game-nya positif dan edukatif, juga bisa menjadi media bonding antar keluarga,” lanjutnya.

Bermain bersama bisa mengatasi rasa bosan apalagi sudah tiga bulan berjalan himbauan untuk tetap #dirumahsaja ditegakkan. Daripada memaksakan diri keluar rumah hanya untuk mengusir bosan namun membahayakan diri dan keluarga, bermaindirumah.com menyediakan permainan seru untuk dinikmati oleh keluarga-keluarga di Indonesia.

“Harapannya bisa memberikan alternatif kegiatan positif yang dapat dilakukan di rumah agar anggota keluarga tidak bosan,” ujarnya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Orang Tua Wajib Ikut Bermain Board Game Bersama Anak

Tingkatkan waktu bersama keluarga

Lumayan berbeda dengan digital game yang biasa ada di smartphone yang permainannya kebanyakan dimainkan sendirian dan kadang membutuhkan jaringan internet serta listrik untuk mengisi daya. Pun dimainkan banyak orang, biasanya tidak langsung bertatapan muka.

Sedangkan board game dapat dimainkan secara analog alias offline dantradisional. Bisa langsung bertatap muka dengan lawan main, tidak perlu takut pula dengan ancaman jaringan/sinyal butut. Konsep inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menyatukan antar anggota keluarga supaya bisa terjalin komunikasi dan interaksi yang lebih intens.

Asyiknya bermain board game bersama keluarga

“Kan jarang keluarga bisa ngumpul di rumah. Nah, daripada main sibuk eksis di medsos dan nge-game sendiri-sendiri di HP, kan akan lebih asyik dan kohesi sebagai keluarga kalau main bareng,” kata Erwin.

Baca juga: 4 Alasan Main Board Game di Rumah Bisa Cegah Anak Kecanduan Gawai

Board game bermuatan positif dan edukatif

Hingga saat ini, sudah ada delapan board game dan card game yang dihasilkan melalui gerakan #bermaindirumah. Permainan tersebut di antaranya ada yang mengangkat tema Covid-19 seperti “Wash Against Corona” yang memberikan edukasi soal cuci tangan, “Drop the Virus” yang mensimulasikan bagaimana nasibnya kalau ada orang masih suka keluar rumah di musim pandemi, “Vaccine Race,” sebuah permainan tentang perlombaan para ilmuwan untuk menemukan vaksin anti-corona, hingga “Tap-Tap Covid dan Te-Pung-Se-Ku-Jem-Per.

Ada juga tema gaya hidup sehat antara lain “Clean Family” tentang bagaimana menjaga kebersihan rumah, dan “Meal Plan” tentang makanan dan gizi seimbang. Terdapat pula “Primes”, permainan bertema matematika tentang bilangan prima”.

main board game gratis
Mengisi family time dengan main board game bareng

Selain Erwin Skripsiadi pribadi, sejumlah board game designer Indonesia juga ikut terlibat dalam gerakan #bermaindirumah yang memang fokus merancang di board game dan card game di atas. Mereka di antaranya ada Hery Prasetya, Ang Martin, Arie Setiawan, Danny Aditya, Senno Adi, Isa R Akbar, Vicky Belladino, Mahawira Singh Dillon, Kevin Hendranata, serta Kris Ardianto.

Baca juga: 9 Alasan Anak Harus Lebih Sering Main Board Game Daripada Game HP

Cara akses dan memainkan board game

Cara memainkan board game yang tersedia di situs bermaindirumah.com sangatlah mudah. Ikuti langkah mudahnya berikut ini:

  1. Pertama, pembaca tentu harus mengakses laman situs bermaindirumah.com
  2. Untuk melihat semua judul yang tersedia, klik “list game”.
  3. Setiap game memiliki spesifikasi seperti jumlah pemain, durasi permainan hingga minimal umur yang direkomendasikan. Terdapat pula deskripsi serta aturan main secara singkat. Jika sudah menentukan judul game yang ingin dimainkan klik “download game”.
  4. Kamu akan dipindahkan ke laman gdrive di mana terdapat file yang bisa diunduh. File tersebut adalah lembar aturan dan lembar komponen yang harus dicetak. Unduh semua file.
  5. Cetak/print file yang tadi sudah diunduh menggunakan printer rumahan/printer biasa
  6. Board game karya anak bangsa yang kamu pilih kini siap dimainkan bersama keluarga di rumah.

Board game dan card game yang tersedia sengaja dibuat sederhana karena disesuaikan dengan printer rumahan yang biasa tersedia di rumah. Demikian juga untuk ukurannya, semua game di-layout dalam ukuran A4 untuk memudahkan pembuatan secara teknis di rumah dengan printer-printer ala kadarnya.

board game gratis
Ayah, bunda, kakak, adik semua bisa main bareng dengan board game

“Plan kami makin banyak yang berkontribusi di #bermaindirumah, sehingga bukan cuman game-game bertema Covid-19, tapi juga makin banyak lagi. Sehingga tersedia makin banyak pilihan family game yang tersedia,” pungkas Erwin.

Segera akses, unduh dan mainkan board game karya anak bangsa bersama keluarga di situs Bermaindirumah.com

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Diatasi dengan Main Board Game

Dapatkan juga banyak pilihan judul board game Indonesia untuk keluarga yang bisa dipesan online mulai dari Rp50.000 dengan mengunjungi Galeri Boardgame ID melalui Tokopedia maupun Shopee. Kebetulan ada promo menarik di bulan Desember ini, lihat infonya di Instagram @boardgame.id.

You may also like