Jago Masak? 4 Board Game ini Tantang Kamu Meracik Bahan Makanan

Jago Masak? 4 Board Game ini Tantang Kamu Meracik Bahan Makanan

Setelah setahun lebih mengurangi kegiatan di luar dan harus terbiasa di rumah, tidak mungkin kan jika setiap hari kita terus-menerus membeli makan di restoran? Nah, akhirnya mulai banyak orang yang tertarik untuk bereksperimen di dapur. Buat kamu yang hobi masak-memasak, tentu menyenangkan bisa mencoba resep-resep baru yang selama ini tidak sempat dibuat akibat rutinitas pekerjaan. Menariknya, memasak bukan hanya hobi yang menyenangkan, tapi juga jadi tema yang menyenangkan di dalam board game.

Ya, beberapa judul board game rupanya ada yang mengambil tema memasak lho. Dalam board game tersebut, pemain biasanya ditantang untuk mengelola rumah makan maupun meracik bahan sehingga menjadi hidangan yang menggugah selera. Mau tahu apa saja? ini dia 4 di antaranya.

Kitchen Rush: Revised Edition

Rilis perdana tahun 2017, Kitchen Rush edisi baru yang dipamerkan perdana di SPIEL 2019 masih mengajak pemain berkutat dengan alat-alat dapur. Ceritanya kamu dan temanmu baru saja membeli restoran tua, dan harus membuat restoran tersebut sukses kembali. Gunakan bahan dan bumbu terbaik dalam menu dan siapkan pesanan tepat waktu.

Baca Juga: Kitchen Rush, Game Restoran ini Akan Rilis Kembali di SPIEL 2019

board game masak

Selain artwork yang berbeda, game yang didesain oleh Vangelis Bagiartakis dan David Turczi ini juga menambahkan pengembangan baru. Pertama, ada mekanisme dimana pemain harus ā€œmenenangkanā€ pelanggan yang menunggu dengan menyediakan minuman gratis. Ditambah menu pasta dan roti tidak boleh lagi digabung dengan bahan lain. Dari segi komponen, game ini juga hadir dengan modular board dan delapan skenario. Game ini bisa dimainkan 2-4 pemain dan berdurasi maksimal 60 menit.

Food Truck Champion

Kalau kamu pernah mencoba sensasi makan di food truck, mungkin kamu akan suka dengan board game ini. Ceritanya kamu dan pemain lainnya baru saja membuka sebuah usaha food truck. Dengan lima staff yang mewakili lima aksi utama: DriverCashierPrep CookExecutive Chef dan Manager, pilihlah bermacam aksi seperti belanja bahan, memasak pesanan, bahkan merekrut pekerja baru! Di akhir hari, pemilik food truck dengan nilai popularitas tertinggi resmi menjadi pemenangnya.

board game masak

Baca Juga: Bengong Sambil Nunggu Pesanan di Food Truck? Tidak Lagi Dengan Board Game ini

Menyasar 2-5 pemain usia 8 tahun ke atas, game ini adalah desain pertama dari Nicole Jekich dan Luke Turpeinen dan diterbitkan oleh Daily Magic Games. Tahun 2017 lalu, game ini sempat melakukan campaign di situs Kickstarter, dan sukses meraup dana sebesar $51 ribu (Rp728 juta) dari 1687 pendukung.

Rival Restaurant

Tertantang mengikuti duel koki dan menjadi juru masak terhebat? Mainkan saja board game perdana dari developer asal Los Angeles Gap Closer Games ini. Sesuai dengan cerita di atas, dalam game ini pemain adalah chef sekaligus pemilik restoran yang berlomba membuat restoran mereka paling terkenal di seluruh kota.

Baca Juga: Rival Restaurant, Duel Koki Terhebat Dalam Board Game Perdana Gap Closer Games

board game masak

Berdurasi 45-60 menit, kamu bisa membeli aneka kartu bahan di area pasar, yang kemudian diolah menjadi masakan khas restoranmu. Ada juga berbagai kartu aksi yang menambah seru permainan, seperti kemampuan mencuri satu bahan milik pemain lain. Setiap karakter chef di game ini juga punya skill yang berbeda. Hebatnya lagi, game ini sukses meraup $84.660 atau sekitar 1,2 milyar rupiah dari 1.185 pendukung di 36 jam pertama mereka di Kickstarter!

Waroong Wars Second Edition

Namanya juga orang Indonesia, kurang mantap rasanya kalau belum bisa meracik masakan Indonesia (minimal Indomie). Eits, tapi kali ini kita bakal masak-masak makanan Jawa Timur dalam board game Waroong Wars. Ya, di sini pemain adalah pemilik warung yang berlomba menyajikan beberapa menu makanan khas Jawa Timur untuk mendapatkan poin. Poin dikumpulkan dengan membayarkan kartu bahan yang ada di tangan (memasak) dengan menu makanan yang ada di tengah meja.

Baca Juga: Waroong Wars 2nd Edition, Mencicipi Kuliner Jawa Timur Lewat Card Game

board game masak

Sebelum memasak, setiap putaran pemain harus melewati fase belanja untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak dengan mekanik set collecting dan card drafting sederhana. Tambahan poin bisa diperoleh jika pemain memiliki kartu bahan pelengkap atau mendapatkan pelanggan tertentu. Oya, edisi kedua ini diterbitkan oleh Tabletoys ya, berbeda dengan edisi pertamanya yang menjadi milik Kompas. Kalau penasaran, board game ini bisa dibeli di Galeri Boardgame Indonesia seharga 210.000 saja lho.

Kamu punya rekomendasi board game dengan tema masak-memasak lainnya? yuk share!

Board Game Asli Nusantara? Carinya di Galeri Board Game Indonesia!

Selain board game di atas, ada juga lho aneka board game karya anak bangsa yang tak kalah seru! Temukan berbagai judul board game asli Indonesia melalui toko kamiĀ di TokopediaĀ maupun pemesananĀ langsung via WhatsApp. Yuk, buruan pesan!

You may also like