Landlord’s Game, Awal Mula Lahirnya Board Game Monopoly

Landlord’s Game, Awal Mula Lahirnya Board Game Monopoly

Siapa yang tidak kenal dengan game Monopoly? Monopoly adalah sebuah board game yang legendaris. Bagi para gamers, setiap orang yang bertanya,”Apa itu board game?”, pasti akan dihubungkan dengan Monopoly terlebih dahulu sebelum menjelaskannya lebih lanjut. Tapi tahukah kamu game Monopoly berawal dari sebuah game yang berjudul Landlord’s Game?

Landlord’s Game adalah sebuah game karya Elizabeth Magie (1866–1948), seorang wanita yang tinggal di Amerika Serikat. Game ini dipatenkan pada tahun 1904, yang menceritakan tentang efek buruk dari monopoli lahan dan penggunaan pajak lahan sebagai penanggulangannya. Magie sendiri adalah penganut paham ekonomi Georgism, di mana pahamnya itu dituangkan ke dalam Landlord’s Game ini.

Landlord's game

Nah, game ini lah yang menjadi inspirasi Charles Darrow, dalam mendesaim game Monopoly. Landlord’s Game sendiri juga pernah diterbitkan oleh Parker Brothers, penerbit dari game Monopoly. Kini Monopoly bisa dikatakan menjadi board game yang paling populer dengan banyak variasi dan tema, mulai monopoly versi lukisan Charles Darrow sendiri, hingga Monopoly seluas 216,97 m2, juga yang bertema dari video game, yaitu Monopoly Zelda hingga film seperti Disney.

Variasi Monopoly mana yang jadi favorit kamu?

You may also like