Indonesia Punya Booth Seluas 66 Meter Persegi di Hall 3 SPIEL 2018, Apa Artinya?

Indonesia Punya Booth Seluas 66 Meter Persegi di Hall 3 SPIEL 2018, Apa Artinya?

Setelah penanda tanganan nota kesepahaman kerjasama antara Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) pada awal bulan Juli lalu, Indonesia resmi hadir dalam Essen SPIEL 2018.

Dukungan yang diberikan BEKRAF ialah dengan berupa booth seluas 66 m2 di Hall 3 dalam pameran board game terakbar yang digelar di Essen, Jerman pada akhir Oktober mendatang. Lalu sebenarnya apa sih yang spesial dari booth 66 meter persegi di Hall 3 ini?

Booth Indonesia di SPIEL’17 | Foto: Afif

Sebelum menjawabnya mari kita kembali dulu ke tahun 2017 saat Indonesia hadir ke Essen SPIEL secara Swadaya. Kala itu Manikmaya Games dan Hompimpa Games saking support hingga akhirnya mereka bisa mewakili Indonesia dan membuka booth di Hall 7 dengan luas lahan hanya 10 m2 saja.

Untuk ukuran Asia seperti Jepang, Korea dan Taiwan, booth mereka mungkin mencapai 10x lipatnya alias 100 m2 dan lokasinya bukan di Hall 7. Hall 7 adalah ruang paling ujung dari pameran seluas 10x lapangan bola.

Booth 10 m2 yang selalu ramai | Foto: Afif

Bisa dibilang saat itu booth Indonesia ramai oleh pungunjung yang ingin duduk beristirahat setelah capai keliling pameran. Meski tentu tidak semuanya begitu. Ada juga pengunjung yang dengan sengaja datang ke booth Indonesia karena penasaran dengan karya Indonesia.

Baca juga: Ludes! Board Game dari Indonesia Terjual Habis di Hari Ketiga Essen SPIEL 2017

Sekarang sudah cukup terbayang kondisi Indonesia saat itu? Tahun ini Indonesia akan kembali hadir ke SPIEL 2018 dengan luas lahan yang lebih besar, yaitu 66 m2 di Hall 3. Di SPIEL, Hall 3 merupakan Hall tempat berkumpulnya publisher-publisher besar dari mancanegara, bersanding dengan KOSMOS (Exit Series), Days of Wonders (Ticket to Ride), HABA (Rhino Heroes), Repos Production (7 Wonders) dan masih banyak lagi.

Semoga hadirnya Indonesia dengan booth yang lebih luas di Essen SPIEL tahun ini bisa banyak membawa hal baik, untuk industri board game di Indonesia sendiri dan dunia.

Masih penasaran luasnya Hall 3? Coba tonton video yang direkam oleh tim Dice Tower saat menelusuri Hall 3 di SPIEL tahun lalu berikut ini (dilakukan saat pameran belum dibuka untuk umum). Atau di tahun-tahun sebelumnya di sini.

You may also like