3 Genre Board Game Ini Sangat Populer untuk Kalangan Keluarga di Pameran Seperti SPIEL

3 Genre Board Game Ini Sangat Populer untuk Kalangan Keluarga di Pameran Seperti SPIEL

Saking banyaknya board game yang rilis setiap tahun, kamu mungkin bingung sendiri dan bertanya-tanya mana yang seru. Seru atau tidak itu cukup relatif, bisa jadi buat kamu seru tapi tidak bagi temanmu. Pertanyaan yang mungkin lebih tepat adalah board game dengan genre seperti apa yang paling banyak digemari?

Dilansir dari rilis pers yang dikeluarkan oleh Friedhelm Merz Verlag (EO dari Essen SPIEL), ada tiga genre board game yang sedang menjadi tren.

Game Kooperatif

Sesuai genre, game kooperatif mengharuskan semua pemain bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yang sama agar bisa memenangkan permainan sebagai tim. Beberapa board game kooperatif berikut ini akan rilis di SPIEL 2018

  1. X-Code (Amigo), kamu dan teman-temanmu harus menyelamatkan bumi dari kehancuran. Sebuah virus komputer telah menyerang Darknet dan semua data yang ada diinternet terancam hilang. Para pemain harus melawan sistem secara real-time untuk menemukan code yang bisa mencegah hal buruk terjadi.
  2. Space Escape (Game Factory), mengusung tema galaksi yang cocok dimainkan untuk seluruh keluarga. Dirancang oleh Matt Leacok, seorang game designer kenamaan yang sukses dengan karyanya yang berjudul Pandemic. Kamu harus kabur dari laboratorium luar angkasa sebelum waktu habis atau tergigit ular.
  3. Roll for Adventure (KOSMOS), merupakan game yang cepat dan mudah dimainkan bersama keluarga. Satu-satunya cara untuk mempertahankan kerajaan dari serangan musuh adalah dengan menyatukan kekuatan. Dapatkan jimat magis untuk menyelamatkan kerajaan atau sang Raja Kegelapan akan menguasainya.
  4. Die Legenden der Irrlichter (HABA), mengajak keluarga bermain bersama dalam game yang mengandalkan ingatan. Pemain harus mencari jalan agar terhindar dari monster bayangan. Mereka harus menghafal rute dan menyinari jalan dengan cahaya yang bersumber dari lampu LED.

Game Worker placement

Game berjenis ini biasanya menuntut pemain untuk meletakan bidak atau token (sebagai worker/pekerja) pada petak atau lokasi tertentu untuk mendapatkan aksi, kartu atau sumber daya. Game yang banyak mengadu taktik dan strategi antar pemain ini juga cukup populer dalam keluarga, tentunya bagi keluarga yangsangat suka berkompetisi satu sama lain.

Satu contoh game worker placement yang ditunggu-tunggu di SPIEL 2018 adalah Reykholt besutan Uwe Rosenberg (Agricola, Patchwork). Mengajak pemain untuk bercocok tanam di Islandia. Mereka harus bekerja cepat lantaran musim akan silih berganti. Merekrut pekerja diwaktu yang tepat akan membuatmu lebih sukses.

Game Party

Siapa yang tidak suka bersenang-senang? Banyak pula orang ingin bermain board game yang bisa mengundang tawa. Kira-kira game seperti itulah yang masuk ke dalam game party. Cocok dimainkan bersama keluarga, rekan kerja dan teman dekat.

Hasbro menawarkan game terbarunya berjudul Dummschwätzer untuk muda mudi yang suka berkumpul. Game yang nampak mudah namun rumit saat dipraktekkan. Dilengkapi dengan sebuah headset, pemain akan mendengar deskripsi dari sebuah kata dari speaker. Hanya saja akan ada delay dari suara yang kamu dengar dan membuat pemain lain menjadi kesulitan menebak kata yang dimaksud.

Game party yang lain datang dari HCM Kinzel dengan Chameleon. Di sini satu pemain akan memerankan bunglon. Tujuannya adalah mendeskripsikan suatu kata atau istilah untuk mencari tahu siapa yang menjadi bunglon.

Di SPIEL 2018 mendatang, apa game yang paling kamu nantikan?

You may also like