Cenayang Board Game, Hal-Hal yang Tak Kamu Ketahui dari Temanmu akan Terungkap

Cenayang Board Game, Hal-Hal yang Tak Kamu Ketahui dari Temanmu akan Terungkap

Satu keutamaan board game adalah terciptanya suasana kekeluargaan saat bermain. Kita jadi merasa lebih dekat dengan para pemain lainnya. Nah! Akhir bulan Januari nanti akan rilis satu board game karya anak bangsa yang akan membuatmu lebih ‘blak-blakan’ dengan teman-temanmu.

Berjudul Cenayang: A Game of Assumptions, adalah sebuah board game bergenre social-party game yang bisa dimainkan oleh 3-6 orang. Game ini bertujuan untuk membuat para pemainnya bisa lebih saling mengenal satu sama lain dengan cara yang seru dan mengasyikkan.

“Kami merancang game ini supaya bisa menjadi media yang membuat pemain bisa saling bercerita hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh pemain lain.” ujar Yusak, salah satu kreator dari Cenayang.

Mudah dimainkan

Setiap putaran, masing-masing pemain akan mendapatkan sebuah kartu topik dan kartu target berisi sebuah angka rahasia. Secara bergiliran, masing-masing pemain bermain sebagai pemain aktif.

Tugas dari pemain aktif adalah mengucapkan sebuah kalimat cenayang, yaitu kalimat yang bisa ditanggapi dengan ya atau tidak oleh pemain lain dan harus berkaitan dengan topik yang diperoleh. Misalnya, Arief adalah pemain aktif dan mendapatkan topik ‘mantan’. Ia kemudian mengucapkan sebuah kalimat cenayang:

Beberapa orang di sini ada yang punya mantan lebih dari empat orang.

Setelah pemain aktif menyebutkan kalimatnya, pemain lain secara rahasia menebak jumlah orang yang kira-kira akan menanggapi kalimat tersebut dengan jawaban ya.  Setelah itu, semua pemain secara bersamaan menanggapi pernyataan tersebut dengan jujur.

Jawabannya harus antara ya dan tidak. Pemain Aktif akan mendapatkan poin jika jumlah jawaban ya sama dengan angka rahasia yang ada di Kartu Target. Pemain lainnya juga mendapatkan poin jika jumlah jawaban ya sesuai dengan angka yang ditebak.

Pemain yang mendapatkan 10 poin terlebih dahulu akan memenangkan permainan dan berhak mendapatkan gelar Cenayang of the Year. Satu permainan akan berlangsung kurang lebih selama 30-40 menit.

Makin kenal makin seru

“Kami sudah melalukan playtesting di banyak komunitas dan mendapati game ini sangat seru ketika dimainkan dengan group yang memang sudah kenal dekat. Pemain mendapatkan banyak cerita tentang teman-temannya yang ternyata dia tidak tahu sebelumnya, dan di situlah letak keseruannya.” terang Yusak lebih lanjut.

Proses pembuatan game Cenayang memakan waktu sekitar 2 tahun, dari ide, purwarupa, hingga produk jadi. Game pertama yang diterbitkan oleh Memento Craft ini juga menggandeng beberapa orang grafis desainer dan ilustrator dari berbagai macam bidang.

“Dengan cara bermain yang mudah dimainkan oleh semua orang, kami berharap Cenayang menjadi sebuah karya yang membuat banyak orang semakin mengenal board game sebagai sebuah media yang memiliki peran positif untuk bisa mendekatkan orang dengan cara yang fun.” Jelas Arya
yang juga merupakan kreator dari Cenayang.

Alhasil kualitas gambar dan desain visualnya sangat apik. Satu box Cenayang akan dijual dengan harga retail 195 ribu rupiah. Untuk info dan progress lebih lanjut mengenai Cenayang, bisa difollow di akun Instagram Cenayang.

“Game ini juga merupakan salah satu kontribusi kami terhadap industri board game di Indonesia yang tengah berkembang.” Tambah Arya.

You may also like