6 dari 14 Pengembang Board Game Indonesia Ini Perdana Tampil di BEKRAF Game Prime 2019

6 dari 14 Pengembang Board Game Indonesia Ini Perdana Tampil di BEKRAF Game Prime 2019

Jakarta, Sabtu (13/7). BEKRAF Game Prime 2019, sebuah ajang pameran game terbesar di Indonesia baru saja berlangsung hingga hari minggu besok di Balai Kartini, Jakarta. Di sana dipamerkan beragam jenis game mulai dari mobile game, video game, arcade game hingga board game.

Ya! Sejak 2015, BEKRAF Game Prime selalu menyediakan tempat untuk para pengembang board game memamerkan karyanya. Untuk area board game tahun ini diisi dan diramaikan oleh 14 pengembang board game yang sebelumnya telah lolos kurasi. Beberapa di antaranya ternyata baru pertama kali tampil di ajang Game Prime.

Siapa sajakah mereka?

Baca juga: Mindblowon, Tahilalats Versi Card Game Akan Tampil Perdana di BEKRAF Game Prime 2019

Social Designee

Dengan misi mengedukasi anak-anak tentang memilah sampah, Social Designee hadir di BEKRAF Game Prime 2019 membawa Wilah Card Game. Di sini pemain diajak untuk memperhatikan setiap kartu sampah yang muncul. Pemain harus siap menepuk kartu di tengah jika kondisi tertentu terpenuhi untuk mendapatkan poin.

Mechanimotion Entertainment

Pengembang sekaligus penerbit ini sebenarnya sudah merilis game pertamanya yang berjudul Linimasa: Edisi Kemerdekaan pada tahun 2018 lalu, namun ini adalah pertama kalinya hadir dan membawa Linimasa ke Game Prime 2019. Linimasa mengajak pemain menebak tahun kejadian peristiwa-peristiwa di era kemerdekaan Republik Indonesia dengan cara yang seru.

Baca juga: Tembus! Pendanaan Linimasa Card Game di DukungKreasi Lewati Target 22 Juta Rupiah!

Julius Setiadi Project

Pengembang ini mengenalkan Ronda sebagai game pertamanya. Pemain akan memerankan peran tertentu tergantung dari kartu yang didapat. Pemain lain tidak ada yang tahu apa peranmu. Bisa jadi maling, polisi, badut atau lainnya. Tujuannya adalah mengurangi daya tahan lawan, tapi jangan asal serang karena bisa jadi yang kamu serang adalah temanmu.

Memento Craft

Pengembang ini membawa Cenayang: A Game of Assumption yang sudah rilis sejak bulan Maret lalu. Di sini pemain akan menjadi seorang cenayang dan harus bisa menebak jawaban yang mungkin muncul, atau membuat pertanyaan yang jumlah jawabannya sudah ia prediksi.

Baca juga: Cenayang: Tebak-Menebak Seru Tabiat Teman [Review]

Baca juga: Bundle Promo! Beberapa Board Game Indonesia Ini Bisa Kamu Dapatkan Murah di BEKRAF Game Prime 2019

Toge Production

Salah rasanya kalau pengembang satu ini belum pernah berpartisipasi dalam Game Prime lantaran mereka sebenarnya adalah pengembang gim digital. Namun, ini adalah kali pertamanya mereka memiliki booth sendiri di area board game. Ya! Semester lalu mereka baru saja menerbitkan card game berjudul Circus Politicus, bercerita tentang tim sukses yang berusaha memenangkan paslon dukungannya dalam pemilu.

Coralis Entertainment

Pengembang satu ini juga sebenarnya pernah tampil dan mengenalkan board game di Game Prime, namun sebagai Aqua Terra Ventus yang menerbitkan Throne of Elements dan Flipeek Medieval. Ini adalah partisipasi perdana mereka setelah berubah menjadi Coralis Entertainment. Mereka hadir memperkenalkan Stockastic ke pengunjung BEKRAF Game Prime 2019.

Baca juga: Stockastic: Belajar Cara Jual Beli Saham [Review]

Selain mereka ada juga beberapa kreator dan pengembang board game yang pernah unjuk gigi di Game Prime tahun-tahun sebelumnya. Ada Congkak & Co Fun Factory yang membawa Kakak Teladan, Perjuangan Jomblo, Candrageni dan Bucket List; Demeira Nusantara hadir dengan Head To Head; Feira Tochi Studio dengan Balloon dan beberapa purwarupa; Sebangku yang mempromosikan Zam-Zamy; Masbro Studio memperkenalkan Mindblowown serta Bluffing Billionaires; beberapa board game KPK yang dikenalkan oleh tim #ObatManjur, Segara Indonesia mempromosikan Kata Emak dan juga Pak Tani yang masih purwarupa; terakhir ada Educa Studio yang kali ini menampilkan The Heritage of Batik.

Wah lumayan juga ya, hampir setengahnya adalah pemain baru di industri board game Indonesia, ini pertanda kalau industri ini tidak tenggelam dan malah cenderung akan terus tumbuh meski di berada di tengah-tengah teknologi yang makin maju.

Kamu ingin mencoba memainkan game-game mereka? Datang saja ke BEKRAF Game Prime 2019 karena acara masih akan berlangsung sampai tanggal 14 Juli 2019. Selain di acara ini, kamu juga bisa menemukan beragam board game Indonesia di Galeri Board Game Indonesia yang berada di PlaySpace by Boardgame.id yang beralamat di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung.

You may also like