Kolaborasi Kreator Board Game dengan Komik Tahilalats Lahirkan Mindblowon: The Card Game [Wawancara]

Kolaborasi Kreator Board Game dengan Komik Tahilalats Lahirkan Mindblowon: The Card Game [Wawancara]

BEKRAF Game Prime 2019, pameran game terbesar di Indonesia baru saja usai pada hari Minggu (14/7) kemarin. Banyak kreator yang menampilkan gim-gim karya terbaru mereka. Hal ini pun juga berlaku untuk para pengembang board game. Dari 14 eksibitor pengisi area board game, beberapa di antaranya banyak yang mengenalkan karya yang belum resmi rilis alias masih dalam pengembangan.

Baca juga: Area Board Game Indonesia Jadi Area Paling Nyaman di BEKRAF Game Prime 2019

Salah satu yang menarik datang dari Masbro Game Studio, mereka adalah dalang di balik board game Laga Jakarta dan Bluffing Billionaires. Untuk pertama kalinya mereka mengenalkan Mindblowon: The Card Game dalam pameran BEKRAF Game Prime 2019.

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan ilustrasinya kalau kemarin kamu sempat melihatnya. Ya! Kali ini Masbro menggandeng komik absurd populer, Tahilalats dalam proyek terbaru mereka ini. Bagaimana sih ceritanya mereka berkolaborasi dengan Tahilalats? Tim Boardgame.id sempat mewawancarai Nata, salah satu anggota Masbro Studio di BEKRAF Game Prime 2019.

BGID: Halo Masbro! Boleh diceritain, gimana sih awal mula perancangan Mindblown ini? Kok ada ilustrasi dari Tahilalats?

Nata: Jadi sebenernya game-gamenya Masbro ini kan cukup punya social value. Di Laga Jakarta tentang kehidupan di Jakarta, kalau Bluffing Billionaires kehidupan sosial orang-orang tajir yang pamer kekayaan. Nah kami ngelihat ada satu IP (Intelectual Property) di Indonesia yang kurang lebih sejalan sama value tadi, jadi ketemulah sama temen-temen Tahilalats.

BGID: Wihh, jadi yang memulai kalian atau Tahilalats?

Nata: Kami yang menginisiasi, lalu sempet ketemu sampai beberapa kali meeting bareng Tahilalats buat mematangkan ide.

Teaser Kartu Mindblowon
Teaser Kartu Mindblowon | Foto: Masbro Game Studio

BGID: Lalu bagaimana respon dari Tahilalats?

Nata: Nah, setelah ketemu dan ngelihat game-gamenya Masbro, mereka juga ngerasa bahwa game-gamenya Masbro sangat Tahilalats banget. Jadi di situ langsung kaya ketemu kecocokan atau sinergi. Dari situ baru kita godog gameplay yang cocok buat fans-fans Mindblowon.

BGID: Memang yang seperti apa tuh?

Nata: Mindblowon sendiri kan merupakan tagline Tahilalats, yang arti sebenarnya adalah hal-hal yang membuat otak terkejut. Di sini jadinya kami tweak, ngambil arti literalnya yaitu benar-benar meledak (blown). Jadi bakalan ada banyak kartu bom di dalamnya.

BGID: Tadi kan ada kartu bom gitu, boleh diceritakan sedikit tentang cara mainnya?

Nata: Tujuan di Mindblowon sendiri adalah menghindari bom atau berusaha tidak meledak. Akan ada dua dek, kiri dan kanan. Tiap kartu ada dua muka. Cara mainnya simpel, pemain cukup pilih kartu dari salah satu dek, lalu jalankan intruksi kartu dibelakangnya, kalau survive (tidak meledak) pemain ambil kartunya.

BGID: Bisa dimainin berapa orang?

Nata: Bisa sampai 6 orang. Makin banyak makin seru.

BGID: Tapi banyak pemain jadi makin lama nggak tuh mainnya?

Nata: Enggak juga, satu game bisa selesai 10 sampai paling 25 menit. Makin banyak pemainnya bisa jadi malah makin cepet selesai karena kartu bomnya juga makin banyak.

Tampilan Mindblowon di BEKRAF Game Prime 2019 | Foto: Isa R. Akbar

BGID: Seru banget! Udah dijual belum nih?

Nata: Saat ini sih belum. Tapi mulai Game Prime ini udah dibuka PO-nya (Pre-order).

BGID: Wah kalau mau PO gimana caranya? Buat temen-temen yang mungkin nggak sempet dateng ke Game Prime apa masih bisa ikutan PO?

Nata: Bisa kok, rencananya PO bakalan dibuka sampai akhir Juli atau mungkin bakal di-extend sampai Agustus.

BGID: Sip, terima kasih Masbro atas waktunya. Semoga sukses dengan game barunya ya!

Nata: Terima kasih juga Boardgame.id

Nah! begitu ceritanya. Buat yang mau pre-order katanya bakal ada harga khusus lho! Caranya gampang, langsung kontak aja via DM di Instagram @Msbr.game.

You may also like