Nominasi innoSPIEL 2019 Jatuh Pada Tiga Board Game ini. Mana Jagoanmu?

Nominasi innoSPIEL 2019 Jatuh Pada Tiga Board Game ini. Mana Jagoanmu?

Sejak tahun 2017 lalu, gelaran pameran board game dunia SPIEL telah menambahkan satu kategori penghargaan yaitu innoSPIEL. Penghargaan ini diperuntukkan bagi game paling inovatif, memilih game dengan genre, mekanik, atau revolusi terbaru yang dianggap memberi angin segar di industri board game saat ini.

Baca Juga: 3 Board Game Unik dan Inovatif yang Masuk Dalam Nominasi innoSPIEL 2018

Pada tahun pertama diumumkan, board game terbitan Pegasus Spiele berjudul Magic Maze mendapat kehormatan menjadi game pertama yang menerima penghargaan tersebut. Setahun setelahnya, menyusul Cool Runnings rancangan Olivier Mahy yang diganjar penghargaan innoSPIEL di tahun 2018.

Tahun ini, pelaksana ajang SPIEL yaitu Friedhelm Merz Verlag akan kembali memilih board game yang pantas diapresiasi sebagai board game paling inovatif tahun 2019. Terdapat tiga judul yang dianggap bisa bersaing memperebutkan gelar tersebut. Ada apa saja? Berikut nominasi innoSPIEL 2019:

Ab Durch Die Mauer

Didesain oleh Jürgen Adams, sebanyak 2-4 pemain adalah hantu yang sedang mencari aksesoris untuk mempercantik kostum mereka. Sayangnya lemari tempat penyimpanan tiba-tiba tidak ada di tempatnya. Untuk bisa mendapat barang yang diinginkan, kamu harus pergi menembus dinding.

innoSPIEL: Ab Durch Die Mauer

Game ini hadir dengan komponen unik dimana kepingan hantu benar-benar bisa menembus dinding! Terima kasih kepada kombinasi papan permainan berputar dan komponen yang bersifat magnetik. Berdurasi 20 menit, game ini bisa dimainkan mulai usia 7 tahun ke atas.

Detective: A Modern Crime Board Game

innoSPIEL: Detective

Game-game bertema crime/mystery memang selalu asyik untuk dicoba. Seperti game Detective dimana kamu akan berperan menjadi tim investigasi di Antares National. Jadilah detektif sesungguhnya dengan membongkar lima kasus berbeda yang berurutan. Game buatan Ignacy Trzewiczek ini menyuguhkan narasi yang unik dimana kelima masalah ini rupanya saling berhubungan. Bisa dimainkan oleh 1-5 pemain usia 16 tahun ke atas, game ini memakan waktu cukup lama yaitu 2-3 jam.

Baca Juga: Uji Kemampuan Kerjasamamu Dengan 5 Judul Board Game Co-operative Berikut ini

Keyforge

innoSPIEL: Keyforge

Sempat memenangkan Golden Geek Award tahun 2018, setiap dek dari game ini memberi total 36 kartu yang terbagi menjadi 12 kartu setiap faksi. Uniknya kartu-kartu ini tidak bisa diubah atau dikombinasikan. Setiap dek ini justru saling berkompetisi, yang terpenting adalah apa yang dilakukan pemain pada dek tersebut. Berbeda dengan collectible card game pada umumnya, pemain bahkan bisa langsung memulai permainan tanpa set lengkap lho.

Dari ketiga nominasi tersebut, pemenang yang mendapat penghargaan innoSPIEL akan diumumkan tepat di ajang SPIEL pada 24-28 Oktober 2019 nanti. Nantikan saja liputan lengkapnya hanya di Boardgame.id.

Sumber: SPIEL Press Release

You may also like