Pecahkan Rekor, Panitia SPIEL Langsung Umumkan Tanggal Essen SPIEL 2020

Pecahkan Rekor, Panitia SPIEL Langsung Umumkan Tanggal Essen SPIEL 2020

Empat hari pameran SPIEL 2019 sudah berakhir pada hari minggu lalu (27/10) dengan catatan rekor angka partisipasi 209.000 pengunjung (tahun sebelumnya 190.000). Dengan sekitar 1.200 peserta pameran (tahun sebelumnya: 1.150) dan lebih dari 1.500 rilis baru (tahun sebelumnya: 1.400), pameran board game terbesar tersebut telah memecahkan rekor tahun sebelumnya sejak awal. Area pameran yang jauh lebih besar, struktur ruang baru dan sistem penerimaan yang ditingkatkan memastikan pengalaman menikmati pameran serta pengalaman bermain yang lebih baik.

Industri ini telah booming dalam beberapa tahun terakhir dan melaporkan rekor angka penjualan untuk tahun 2019. Dunia board game dan card game modern semakin menarik perhatian banyak orang, termasuk para orang tua serta pemerhati pendidikan. Pameran board game berskala internasional ini berhasil menarik sejumlah 209.000 penggemar game untuk memenuhi gedung Messe Essen selama empat hari terakhir. Menariknya, khususnya bagi kalangan dewasa (antara 20-35 tahun), mereka menjadi semakin antusias tentang dengan hobi bermain board game yang mengandalkan strategi.

Konferensi Pers SPIEL’19

Dalam konferensi pers SPIEL ’19, Asosiasi Penerbit Board Game (Interessengemeinschaft Spieleverlage e.V.) melaporkan terjadinya pertumbuhan penjualan board game sebanyak 4% untuk tahun 2019. Selama lima tahun terakhir, industri board game Jerman telah tumbuh lebih dari 40%. Di antara semua jenis permainan, permainan board game serta permainan teka-teki adalah kelompok permainan yang paling penting dan mendominasi dalam menjelang Natal dan musim liburan tahun baru.

Indonesia, sebagai salah satu negara yang berpartisipasi sebagai eksibitor pun berhasil membawa keramaian di booth Archipelageek yang diusung oleh Badan Ekonomi Kreatif. Di sanalah 20 judul board game Indonesia terbaik dimainkan oleh berbagai pengunjung mancanegara. Rupanya, board game Indonesia pun diminati oleh masyarakat luar negeri.

Baca juga: Board Game dengan Tema Indonesia Itu Eksotis

Internationale Spieltage SPIEL 2020 berikutnya akan berlangsung mulai 22 – 25 Oktober 2020 di Messe Essen, Jerman.

Sumber: Friedhelm Merz Verlag

You may also like