Wuhuuu! Board Game ini Tawarkan Sensasi Seru Bermain Quidditch ala Harry Potter [Kickstarter Corner]

Wuhuuu! Board Game ini Tawarkan Sensasi Seru Bermain Quidditch ala Harry Potter [Kickstarter Corner]

Apa hal menegangkan yang pernah kamu temukan dalam cerita fiksi Harry Potter? kalau kamu menjawab “aneka efek mantra dan denah sekolah yang sulit ditebak” atau “aksi duel antar penyihir yang berbeda kubu”, kamu benar. Namun sebenarnya ada lagi lho adegan mendebarkan yang bisa disaksikan, yang satu ini melibatkan sapu terbang dan bola emas.

Yap, Quidditch!

Istilah Quidditch mengacu pada olahraga khas dunia sihir rekaan J.K Rowling, dimana dua tim akan saling berlawanan untuk memperebutkan bola agar bisa menjadi pemenang. Bahkan Harry Potter si tokoh utama juga tergabung dalam tim Quidditch dari house Griffindor lho!

Peserta Quidditch memasuki lapangan. Ada yang bisa tebak ini dari Harry Potter keberapa? | Source: Giphy

Nah, kalau selama ini kamu hanya bisa membayangkan seberapa memacu adrenalinnya permainan Quidditch, sebentar lagi kamu bisa langsung mencobanya sendiri. Bukan, kamu tidak akan diberi pelatihan naik sapu terbang dan datang ke Hogwarts, melainkan lewat board game berjudul Harry Potter: Catch the Snitch. Datang dari pengembang board game asal Spanyol, Knight Games, inspirasi game ini datang dari adegan-adegan Quidditch yang muncul di film Harry Potter. Permainan ini dibagi dalam dua fase, dengan tujuan menjadi tim pertama yang berhasil menangkap golden snitch — si bola emas kecil bersayap yang gesit.

Let the game begin!

Jadi Penyihir Gesit ala Atlet Quidditch Sungguhan

Menyasar 2 pemain, setiap orang akan menjadi coach atau pelatih yang mengepalai satu tim atlet Quidditch berupa miniatur. Fase pertama, tim akan bertanding mencetak skor dengan memasukkan bola Quaffle ke gawang, maupun menyerang dengan melempar bola Bludger agar mengenai lawan. Ya, game ini memang dibuat sesuai aturan permainan Quidditch yang asli, lengkap dengan posisi chaser (penyerang; bertugas mencetak Quaffle), beater (pemukul, melindungi chaser dengan bola Bludger), keeper (menjaga gawang) dan seeker (mencari golden snitch).

Quidditch
Penampakan board game Harry Potter: Catch the Snitch dengan miniatur tim Quidditch berwarna | Source: BoardGameGeek

Selanjutnya fase kedua dimulai saat kartu golden snitch telah keluar dari dek. Di sini posisi seeker kedua tim bertugas mendapatkan bola emas ini lebih dulu. Serunya lagi, tim yang sukses di fase pertama akan mendapat posisi kemungkinan terbaik untuk memenangkan permainan. Selain gameplay-nya yang seru, komponen game ini juga tak kalah menarik dengan miniatur berwarna sesuai house: merah untuk Griffindor, hijau untuk Slytherin, kuning untuk Hufflepuff dan biru untuk Ravenclaw. Kamu juga bisa memberi nama anggota tim milikmu sama dengan nama pemain aslinya lho.

Baca Juga: Arcane Academy, Sebuah Board Game Adu Sihir ala Harry Potter

Dirancang oleh Jose M. Caballero Delso dan Sergio GarcĂ­a Vicente, serta desain visual oleh Gonzo BrĂ­os, game ini masih melangsungkan campaign di Kickstarter hingga artikel ini diterbitkan. Dengan sisa 26 hari pengumpulan dana, game ini telah berhasil memenuhi target di 24 jam pertamanya. Sekaligus sukses mengumpulkan $126 ribu atau sekitar 1,7 milyar rupiah dari 878 pendukung! Kamu tertarik membawa pulang game ini? siapkan dulu $101 (Rp 1,4 juta) untuk basic gamenya. Sayangnya untuk pengiriman terdekat dari Indonesia, game ini hanya bisa mengirim sampai Australia saja. Masih ada yang tertarik mengadopsi game ini?

Sumber: Kickstarter

You may also like