Area Board Game Indonesia Jadi Area Paling Nyaman di BEKRAF Game Prime 2019

Area Board Game Indonesia Jadi Area Paling Nyaman di BEKRAF Game Prime 2019

BEKRAF Game Prime 2019, pameran game Indonesia terbesar baru saja usai pada hari Minggu kemarin. Meski sudah berakhir, namun pengalaman serta keseruan bermain berbagai jenis game di sana tak akan terlupakan. Ada banyak area seru dalam acara yang digelar di Balai Kartini, Jakarta. Beberapa paling dipadati pengunjung antara lain: area e-sport, VR (virtual reality) dan area board game.

Ronda, salah satu board game yang dipamerkan | Foto: Isa R. Akbar

Ya! Jumlah booth board game memang tidak seberapa dibanding jumlah eksibitor yang memamerkan game digital, akan tetapi antusiasme sebagaian pengunjung terpusat di area ini. Terkurasi 14 kreator dan pengembang yang mengisi booth di area board game, bahkan 6 di antaranya baru pertama kali ikut serta dalam Game Prime.

Baca juga:Ā 6 dari 14 Pengembang Board Game Indonesia Ini Perdana Tampil di BEKRAF Game Prime 2019

Terbukti, board game punya aura dan daya pikat tersendiri. Ada banyak alasan mengapa pengunjung tetap menikmati game-game analog yang dimainkan di atas. Salah satunya mungkin karena mereka penasaran dengan board game karya anak bangsa sendiri. Alasan lain mungkin karena area ini adalah tempat yang paling nyaman di Game Prime.

Kok bisa?

Board game area di Game Prime 2019 | Foto: Arie Setiawan

Bisa Duduk dan Bermain dengan Tenang

Meja dan kursi sudah menjadi properti wajib di area board game. Para pengunjung bisa tinggal duduk sambil bermain sembari mendengarkan instruksi cara bermain. Di area lain, biasanya kamu harus berdiri jika ingin menjajal game-game dari para eksibitor. Apalagi Game Prime kemarin jumlah pengunjungnya nampak lebih banyak dari tahun sebelumnya. Balai Kartini serasa menjadi padat dan sesak. Belum lagi kalau harus sampai mengantri, bisa makin berdesakan. Paling-paling kamu baru bisa duduk sambil bermain kalau kamu sedang di area e-sport atau arcade game.

Baca juga:Ā Selamat! Jalan-Jalan Board Game Terpilih Menjadi Board Game Terbaik Versi Game Prime Awards 2019

Jumlah pemain juga berpengaruh. Satu judul board game setidaknya bisa dimainkan sampai empat pemain. Dengan begitu area board game sendiri sudah bisa menampung minimal 56 pengunjung secara bersamaan per sekitar 30 menit sesi bermain. Berbeda dengan karya-karya gim yang dimainkannya harus lewat smartphone atau laptop, setiap gadget biasanya hanya untuk satu pemain. Beda cerita kalau si eksibitornya menyediakan perangkat lebih, jadi tetap bisa simultan dimainkan oleh beberapa pengunjung.

Gelak tawa di area board game
Gelak tawa di area board game | Foto: Isa R. Akbar

Faktor lainnya yang membuat area board game menjadi nyaman adalah interaksi. Lawan berada di depan mata, ekspresi yang muncul jadi langsung terlihat, gelak tawa sesama pengunjung yang bermain juga membuat suasana semakin cair. Ada sharing experience di sini. Area e-sport juga seru, tapi karena sangat kompetitif suasananya jadi cukup tegang.

Jadi, bagaimana kesan pesanmu bermain board game Indonesia di BEKRAF Game Prime 2019? Kalau ada yang seru dan mau diceritakan juga boleh lho!

Area Board Game dikunjungi oleh Pak Triawan Munaf
Salah satu booth board game dikunjungi oleh Pak Triawan Munaf, Kepala BEKRAF | Foto: Ricky Setiawan

Mau coba berbagai macam board game Indonesia tapi kemarin tidak sempat datang ke Balai Kartini? Ke Bandung saja, Boardgame.id akan menggelar PlayTime hari Sabtu besok di PlaySpace by Boardgame.id. Informasi selengkapnya bisa kamu baca di artikel berikut:Ā Yuk! Ngumpul dan Seru-Seruan Main Board Game Bareng di PlayTime Juli

 

You may also like