Ada Apa Sih di Essen SPIEL 2019?

Ada Apa Sih di Essen SPIEL 2019?

Tinggal beberapa hari lagi sebelum perwakilan Indonesia berangkat ke Jerman mengikuti pameran board game berskala internasional, Essen SPIEL 2019 dari tanggal 24-27 Oktober mendatang. Indonesia bisa kembali mengirim perwakilannya berkat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI).

Sebelum bicara lebih jauh, memang Essen SPIEL itu sendiri apa sih? Apa saja yang ada di sana? Apa menariknya pameran ini? Boardgame.id akan coba menjelaskannya satu per satu ya. Dimulai dari,

Baca juga: SPIEL, Ajang Board Game Paling Bergengsi yang Lahir dari Budaya Bermain

Apa itu SPIEL?

SPIEL adalah pameran board game tahunan yang digagas oleh seorang wartawan bernama Friedhelm Merz untuk mengajak rakyat-rakyat Jerman untuk bermain board game bersama. Niatnya terwujud dengan menggelar sesi kumpul dan bermain di sebuah klub di Plittersdorf tahun 1981.

Tanpa disangka, 700 orang datang. Ia paham luas klub yang kecil tidak bisa sebanding dengan pengunjung. Merz lalu menghubungi Perdana Mentri dari North Rhine-Weatphalia, Johannes Rau untuk meminta ijin memakai ruang di Essener Volkshochschule di sebuah universitas negeri di Essen. Perkumpulan itu diliput oleh majalah lokal, dan 5.000 orang datang keesokan paginya.

Tahun depannya 15.000 orang datang meramaikan event board game itu. Tahun 1985, event ini dipindah ke Messe Essen. Setahun berikutnya acara ini resmi dikenal dengan sebutan Internationale Spieltage SPIEL atau Essen SPIEL seperti yang kita dengar saat ini. Bahkan untuk SPIEL 2019, jumlah pengunjung ditargetkan menembus 190.000 orang dalam 4 hari!

Siapa saja yang hadir di SPIEL 2019?

Ada Apa Sih di Essen SPIEL 2019

Menurut data dari Friedhelm Merz Verlag (organizer SPIEL), pameran tahun ini dihadiri oleh 1200 eksibitor dari 53 negara! Tentunya salah satunya adalah Indonesia yang memiliki booth bertajuk Archipelageek yang berada di Hall 3 no. 3Q106 seluas 66 meter persegi.

Baca juga: Apa Sih Arti Luas Booth Archipelageek Seluas 66 Meter Persegi di Hall 3 SPIEL 2019?

Kemudian telah disebutkan sebelumnya, sebanyak 190.000 pengunjung (bahkan mungkin lebih) akan hadir untuk bermain bersama, menjajal ribuan judul board game baru bersama teman-teman, keluarga dan orang-orang terdekat mereka.

“Bahkan banyak di antaranya para orang tua, atau kakek-nenek yang datang bersama anak dan cucunya. Mereka datang hanya untuk bermain bersama,” ujar Isa R. Akbar, pimpinan redaksi Boardgame.id yang tahun lalu berkesempatan berkunjung ke sana.

Selain itu, akan hadir pula para di antaranya influencer, podcaster, reviewer, game designer, illustrator board game dari mancanegara.

“SPIEL telah menjadi agenda tahunan keluarga bagi beberapa masyarakat di sana. It’s the warmest gaming convention in the world.” imbuhnya

Ada berapa jumlah judul board game yang dirilis di SPIEL 2019?

Ada berapa game di Essen SPIEL 2019?

Jumlahnya banyak, sampai tidak bisa lagi dihitung dengan jari, serius. Ada lebih dari 1.100 judul baru yang akan dirilis di pameran bergengsi ini. Tidak hanya board game, ada pula miniatur game serta buku-buku Role-playing Game juga ada.

Nah! Di antara ribuan judul-judul baru, ada 20 judul board game Indonesia lho yang akan ikut dipamerkan di sana. Berikut daftar ke-20 judul board game yang akan ditampilkan di Hall 3-Q106, Essen SPIEL 2019 dari tanggal 24-27 Oktober mendatang:

  1. Bhunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS
  2. Belapati War oleh LOGI Games
  3. Cenayang oleh Memento Craft
  4. Cine Write & Trade oleh TeMaTis Co.
  5. Coffee Crash oleh Manikmaya Games
  6. Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio
  7. Jalan-Jalan oleh Chiveus
  8. Kancil oleh Chiveus
  9. Korowai oleh Tabletoys Indonesia
  10. Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games
  11. Luwenak! oleh Andeux
  12. Mindblowon The Card Game oleh MSBR Studio
  13. Nusa Rasa oleh Ketchup Games
  14. Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri
  15. SEN : Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia
  16. The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam
  17. The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio
  18. Toraja oleh Congkak Fun Factory
  19. Unmask! oleh Chiveus
  20. War of The Words oleh Wisnu Widiarta

Wah, nggak sabar nih untuk meliputnya. Stay tuned di Boardgame.id untuk liputan eksklusif Essen SPIEL 2019 ya!

You may also like