Bunaken, Profil 20 Finalis Indonesia to SPIEL 2019 [Bagian 4]

Bunaken, Profil 20 Finalis Indonesia to SPIEL 2019 [Bagian 4]

Kontingen Indonesia akan kembali berpartisipasi dalam SPIEL 2019, salah satu pameran board game internasional terbesar yang berlangsung pada tanggal 24-27 Oktober di Jerman. Keikutsertaan Indonesia kali ini mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI). Booth Indonesia berada di Hall 3-Q106 dengan bendera Archipelageek, program dari Deputi Pemasaran Bekraf yang kerap mengangkat produk-produk industri game tanah air.

Sebanyak 20 board game Indonesia telah lolos seleksi dan siap dipamerkan dalam booth Archipelageek di Essen SPIEL 2019. Lewat seri artikel berikut ini, Boardgame.id akan menyajikan 14 seri artikel yang akan menjelaskan profil kreator serta board game karya anak bangsa yang dibawanya sebagai wakil Indonesia di Essen SPIEL 2019. Berikut seri yang empat:

4. Bunaken: The Undersea Paradise

Bunaken komponen
Kompoen | Foto: PeBeeS

Taman Laut Nasional Bunaken adalah surga tersembunyi di bawah laut. Terletak di Manado, Sulawesi Utara, Bunaken terkenal dengan pesona taman bawah lautnya yang ditumbuhi berbagai jenis terumbu karang yang berwarna-warni dan indah. Melengkapi keindahan tersebut, ada pula berbagai jenis ikan dan kehidupan laut yang bersembunyi di balik terumbu karang. Saat terumbu berwarna-warni bertemu dengan beragam jenis kehidupan laut sudah pasti akan memukau mata para pengunjung.

Pesona inilah yang membuat para penyelam dan snorkeling selalu memilih Bunaken sebagai tujuan pertama ketika mereka ingin menikmati salah satu keindahan bawah laut ikonik dunia ini. Tertarik dengan tema tersebut Tyo Raga dari PeBees akhirnya mengangkat Bunaken menjadi sebuah board game yang bisa dimainkan untuk 2 pemain berusia 10 tahun ke atas.

Dalam board game Bunaken: The Undersea Paradise, para pemain adalah para turis ingin mengambil potret gambar biota yang ada Taman Nasional tersebut. Tetapkan strategi untuk menentukan biota mana yang ingin difoto. Keahlian menyelam dengan memainkan kartu selam akan mendekatkan pemain menuju kemenangan. Dengan kartu selam pemain bisa menyelam dari kedalaman 2 hingga 5 meter atau sebaliknya.

Oiya! Ternyata pemain tidak sendirian, ada satu lagi penyelam yang mungkin juga mengincar potret biota yang sama, jangan biarkan hal itu terjadi. Ingat! Pemain akan bisa mendapatkan poin dari koleksi potret biota serta dari poin aksi menyelam. Jadi kumpulkan sebanyak mungkin foto biota dan jadilah penyelam yang handal untuk memenangkan permainan.

Bunaken Play
Bisa dimainkan untuk dua orang | Foto: PeBeeS

Tentang PeBeeS

PeBeeS terbentuk dari sekelompok individu yang gemar bermain board game di wilayah Surakarta. Selain berkumpul untuk bermain bersama, mereka pun sepakat untuk mendedikasikan pertemuan mereka untuk mengembangkan board game yang seru. Konon, PeBeeS memiliki kepanjangan Perserikatan Boardgamer Surakarta.

Baca juga: Profil 20 board game finalis Indonesia to SPIEL 2019 yang lainnya.

You may also like