Essen SPIEL 19, Pameran Board Game Ini Luasnya Sampai 10x Lapangan Bola

Essen SPIEL 19, Pameran Board Game Ini Luasnya Sampai 10x Lapangan Bola

Kamu pernah datang ke sebuah pameran? Pameran seni, otomotif, atau mainan mungkin? Keliling pameran melihat berbagai produk dari para eksibitor di sana seharian mungkin sudah membuatmu lelah melelahkan. Lalu bagaimana dengan pameran Essen SPIEL 19, salah satu pameran board game berskala internasional terbesar? Bakal seberapa lelah keliling di sana?

Kalau kamu menyimak artikel yang berjudul “Ada Apa Sih di Essen SPIEL 2019?”, kamu mungkin sudah sedikit mendapat gambaran seramai apa pameran board game yang digelar selama empat hari di Jerman dari tanggal 24-27 Oktober 2019. Ya! Tahun ini, Essen SPIEL diramaikan oleh 1.200 ekshibitor dari 53 negara. Indonesia masuk jadi salah satunya lho!

Luas Essen SPIEL 19

Baca juga: 20 Permainan Sejenis “Monopoly” Rasa Lokal Siap Diberangkatkan ke Jerman

Selain itu, pengunjung pameran yang berlangsung di kota Essen ini digadang-gadang akan menembus rekor pengunjung tahun lalu, yakni 190.000. Demi mewujudkannya, Friedhelm Merz Verlag (organizer SPIEL), menambah 6.000 meter persegi luas area pameran dari tahun sebelumnya menjadi 86.000 meter persegi.

Dari tahun ke tahun animo keluarga dan masyakarat manca negara untuk datang ke pameran ini semakin besar. “Meskipun ini pameran game, tapi ramah untuk dikunjungi keluarga. Pemandangan di mana kakek-nenek bermain bersama dengan anak dan cucunya menjadi hal biasa di sana,” ujar Isa R. Akbar, pimpinan redaksi Boardgame.id yang tahun lalu sudah sempat berkunjung ke Essen SPIEL.

Essen SPIEL 19 lapangan bola

Sebagai gambaran seberapa luas 86.000 meter persegi, coba bayangkan luas lapangan bola lalu kalikan 10. Meskipun Essen SPIEL berlangsung selama empat hari, niscaya empat hari itu kurang untuk menjajal semua board game yang dipamerkan di sana.

Bagaimana tidak? Akan ada lebih dari 1.100 judul board game baru yang akan dirilis pertama kali dipameran tersebut. Di antaranya ada 20 judul board game Indonesia yang akan dipamerkan di Essen SPIEL 19.

Berikut daftar lengkap 20 judul board game karya anak bangsa yang diikutsertakan dalam pameran Essen SPIEL 2019 di booth Archipelageek seluas 66 meter persegi mewakili Indonesia di bawah bendera Archipelageek di Hall 3-Q106:

Baca juga: Apa Sih Arti Luas Booth Archipelageek Seluas 66 Meter Persegi di Hall 3 SPIEL 2019?

  1. Bunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS
  2. Belapati War oleh LOGI Games
  3. Cenayang oleh Memento Craft
  4. Cine Write & Trade oleh TeMaTis Co (top 6 highlight product)
  5. Coffee Crash oleh Manikmaya Games
  6. Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio
  7. Jalan-Jalan oleh Chiveus
  8. Kancil oleh Chiveus
  9. Korowai oleh Tabletoys Indonesia (top 6 highlight product)
  10. Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games
  11. Luwenak! oleh Andeux
  12. Mindblowon The Card Game oleh MSBR Studio (top 6 highlight product)
  13. Nusa Rasa oleh Ketchup Games (top 6 highlight product)
  14. Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri
  15. SEN : Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia (top 6 highlight product)
  16. The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam
  17. The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio (top 6 highlight product)
  18. Toraja oleh Congkak Fun Factory
  19. Unmask! oleh Chiveus
  20. War of The Words oleh Wisnu Widiarta

You may also like