Essen SPIEL 2019 Sambut Industri Board Game yang Makin Marak

Essen SPIEL 2019 Sambut Industri Board Game yang Makin Marak

SPIEL 2019 tahun ini sekali akan mencatatkan rekor baru. Industri board game sedang booming tidak hanya di Jerman atau di Eropa namun juga di berbagai belahan dunia lainnya, termasuk indonesia. SPIEL 2019 diramaikan oleh lebih dari 1.200 peserta pameran dari 53 negara dengan luas area pameran yang mencapai 86.000 meter persegi, ini lebih besar dua kali lipat dari 6 tahun yang lalu (tahun 2013 hanya 46.000 meter persegi) sebelumnya.

Tahun lalu, 190.000 penggemar game dari lebih dari 100 negara dan 5 benua mengalir ke Ruang pameran Essen untuk mencari tahu tentang tren terbaru di pasar dan industri board game lebih dari sebelumnya. Penyelenggara pameran, Friedhelm Merz Verlag mengharapkan jumlah pengunjung lain tahun ini. Untuk dapat memberikan kesempatan yang lebih baik kepada deretan serbuan pengunjung, terutama di pagi hari, penerimaan pengunjung akan ditata ulang tahun ini. Selain pintu masuk Barat dan Selatan yang sudah ada, pintu masuk Timur yang baru direnovasi akan tersedia untuk pertama kali dengan 3.000 ruang ganti tambahan dan sejumlah meja kasir untuk membeli tiket. Ini akan menjadi pintu masuk utama bagi pengunjung yang membeli tiket mereka di venue.

Pintu masuk Barat kali ini diprioritastkan khusus untuk pengunjung yang sudah lebih awal membeli tiket (pre-sale ticket), karena tidak ada meja kasir untuk pembelian tiket tunai di sini. Pintu Masuk Selatan memiliki beberapa meja kasir, sehingga semua pengunjung apakah dengan atau tanpa tiket yang telah dibeli sebelumnya – dapat memasuki acara di sini.

Salah satu faktor yang memiliki efek positif pada popularitas board game adalah kenyataan bahwa banyak orang yang sudah menghabiskan sepanjang hari bekerja di depan layar komputer dan menemukan permainan yang nyaman bersama pemain lain di malam hari lebih dan merasa lebih santai setelah berjam-jam duduk di depan layar. Kini banyak pula permainan keluarga yang mudah diakses dan menjadi booming selama bertahun-tahun. Fenomena yang relatif baru, adalah, semakin banyak orang dewasa sekarang mencari game dengan tantangan strategis yang lebih besar. Banyak penerbit board game telah bereaksi terhadap perilaku pembelian di atas dalam beberapa tahun terakhir dan dengan fokus menerbitkan berbagai game yang lebih mengandalkan strategi. Permainan tipe strategi rupanya berhasil terjual dalam jumlah yang cukup mengesankan.

Kampanye yang berjalan di platform crowdfunding Kickstarter juga menggambarkan ukuran industri board game dunia saat ini. Board game menjadi kategori terbesar dan paling sukses di Kickstarter. Pada 2018, ada omset sebesar 165 juta Dolar AS di Kickstarter yang dihasilkan dari board game dan card card. Kampanye oleh penerbit Polandia, Awaken Realms, sangat sukses tahun lalu, dengan total US $ S6.25 juta dikumpulkan untuk TAINTED GRAIL FALL OF AVALON. Game ini dibungkus cerita dengan lebih dari 100.000 kata dalam 15 skenario yang berbeda, dengan durasi sekitar empat jam bermain per skenario.

Sebuah survey menakjubkan yang dilakukan di pasar board game Amerika menggambarkan bagaimana board game sukses diserap masyarakat. Saat ditanya board game apa yang paling laris lewat platform seperti Amazon, Walmart dan Target, mereka menjawab semuanya adalah permainan strategi, diantaranya Gloomhaven (paling laris), Root lalu diikuti oleh Wingspan.

You may also like